True
story of word Ketika rekan di salah satu grup medsos mengirimkan
broadcast tentang kekuatan kata2.Mengambil dari teori prof Masaru Emoto dari
Jepang yg meneliti tentang kekuatan kata-kata terhadap air. Mulai tertarik
untuk mencoba bereksperimen terhadap bahan lain selain air.
Mencoba
bereksperimen terhadap beras yg telah diberi kata-kata negatif dan positif
setiap harinya. Tetap melibatkan siswa dalam eksperimen tersebut dgn
memodifikasi pengamatan .
Selalu dengan tantangan yang berbeda dan
prolog yg memotivasi. Antusias mengamati terlihat dari tatapan mata yg
berbinar. Semua memiliki pertanyaan yang tak terucap tapi terpancar dari
pandangan matanya. Melalui eksperimen teorinya prof Masaru Emoto
kusampaikan tahapan yang harus dilakukan oleh siswaku. Membuat jurnal dan
memberdayakan indera pendengaran akan kata-kata / kalimat positif dan
negatif setiap waktunya. Walau terucap setiap hari bu, " iya dong,
ilmuwan kan pengamatannya setiap hari dan berbulan2. Cepet abis dong bu
bukunya. Cukup kujawab dengan senyuman.
Mulai mengajarkan untuk mengamati
dan belajar membuat laporan waktu pengamatannya.
Tersirat yg kulakukan
adalah mengajarkan siswa untuk selalu berkata positif .
Walaupun butuh
proses waktu dan energi....
Berselang seminggu dari tantangan. Ternyata
ada yg tertarik untuk bereksperimen juga.
Kuminta bercerita di depan
kelas tentang proses pengamatan selama seminggu lebih yang telah dilakukan.
"Amazing" ( ngikutin bahasa abg) terlihat perubahan pada beras yg diberi
kata2 negatif yg berubah warna menjadi buluk, bau dan
berlendir.sementara beras yg selalu diberi dgn kata2 kalimat positif
tetap putih Selamat tinggal kata2 dan kalimat negatif.
Mengajarkan
tentang true story of word tak sekedar memberi nasehat tentang pentingnya
berkata2 baik. Butuh proses yg lama untuk memperbaiki kebiasaan negatif.
Pertanyaan yg terlontar yg mempertanyakan antara hubungan kata2 dgn
perubahan warna,bau pada eksperimen yg dilakukan . Atau menyampaikan
perasaan biasa saja saat mendengar kata negatif menjadi pekerjaan utama untuk mengubah mind set di pikiran siswaku
wow!
BalasHapusamazing!
terima kasih inspirasinya bu :D
Sangat menarik dan bermanfaat. Terima kasih sharingnya Bu Ninik.
BalasHapus