Minggu, 20 Februari 2011

Berbagi kasih

Kemarin saya membaca analisis yang ditulis oleh Dr. Rhenald Kasali di suatu harian ibukota tertanggal 17 Februari 2011. Menarik sekali karena membahas tentang hari Valentine dari sudut pandang yang berbeda.Mengambil makna dari valentine yang tidak kaku.Benar sekali masyarakat kita sering terjebak akan ungkapan yang katanya bukan budaya bangsa kita lantas yang dilakukan oleh guru di daerah Sumatera Utara adalah mengejar siswa-siswinya yang akan merayakan valentine , alih-alih ditakuti sang guru malah jadi bahan tertawaan . Valentine sekarang identik dengan warna pink, coklat dan bentuk hati semua dibuat sangat menarik mata untuk melihatnya. Saya memaknai valentine dengan cara berbeda, di awal tahun ajaran baru kemaren saya berpikir untuk mengambil satu moment yang ada kaitannya dengan kasih sayang dan di minggu ke 2 di bulan Februari saya mewujudkannya dalam bentuk kegiatan bertukar kado seharga 5000 rupiah disertai dengan menyelipkan kata/kalimat motivasi untuk yang menerima kado.
Awalnya saya memberi pengarahan tentang tujuan saya melakukan kegiatan bertukar kado bukan hanya sekedar melihat isi kadonya tapi bagaimana kita ( saya dan siswa/i) memaknai kata motivasi yang ada dalam kado yang akan kami dapatkan. Saya menekankan tentang tujuan dan makna dari kata motivasinya. Spirit yang ingin saya sampaikan adalah jangan menilai isi kadonya karena mungkin tidak akan menyenangkan mendapatkan kado hanya dengan harga 5000 rupiah tetapi maknai kegiatan ini adalah suatu kegiatan kecil untuk saling berbagi. Mengawali dengan hal-hal kecil yang penuh makna insya Allah akan ada manfaatnya di masa datang. Dan saya melihat begitu antusiasnya siswa saat melakukan kegiatan ini, wajah-wajah penuh harap untuk mendapatkan kado seperti harapan mereka.Juga saat membuka bungkus kadonya deg-degan dan berdebar-debar kata siswa/i ku. Dan setelah kado dibuka ada yang tersenyum riang tetapi ada juga yang tersenyum kecut karena kado yang diterima tidak seperti harapan mereka.
Sementara dari kegiatan ini yang aku beri nama " Berbagi Kasih" aku juga memberi kado yang aku sisipkan kata /kalimat motivasi yang berbunyi " Saya tahu anda adalah orang yang istimewa karena itu ijinkan saya mengasah dan menunjukkan keistimewaan anda , Karena suatu hari nanti saya akan sangat bangga dengan diri anda" .Mimpi saya dari kegiatan yang saya lakukan bersama dengan siswa/i adalah suatu hari nanti mungkin akan ada salah satu dari siswa/i saya yang seperti penulis favorit saya Andre Hirata yang mampu untuk menaklukkan dunia dengan karya -karya besar. Karena terinspirasi dari kegiatan -kegiatan bermakna dan berkesan bagi perkembangan jiwa mereka .Kegiatan yang dimaknai dengan penuh cinta. Karena saya sangat yakin semua manusia ingin dicintai dan dikasihi tanpa harus ada prasyarat tidak terkecuali siswa/i saya calon pemimpin generasi masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar