Sabtu, 07 Desember 2013

Mengajar ...Mendidik

Dalam dunia pendidikan kata-kata mengajar dan mendidik sangat familiar terdengar . dalam setiap kesempatan selalu ada pesan sponsor mengingatkan ' tugas guru tak sekedar mengajar ' . Artinya dari mengajar itu hanya transfer ilmu yang dilakukan . Sementara dalam kegiatan mendidik mengandung makna yang lebih dalam . Mendidik ada kedekatan batin antara yang mendidik dan yang dididik .
Apabila seperti itu idealnya si pendidik juga mau membuka hatinya tak hanya sekedar tranfer ilmu seperti yang dilakukan pengajar . Dalam mendidik ada contoh dan keteladanan yang kita tunjukkan kepada yang dididik . Tak hanya menuntut, menuntut dan menuntut . Dengan embel-embel kewajiban pelajar adalah " belajar . Mengindahkan belajar adalah proses tak bisa menjadi bisa , tak tahu menjadi tahu . Dituntut kesabaran untuk mendidik agar menjadi bisa , agar menjadi tau , agar menjadi lebih positif. Dan kita tau sekali apabila sudah dengan urusan kewajiban banyak sekali yang menjadi alergi . 
Mengapa tak diubah " hak pelajar adalah mendapatkan pengajaran dan pendidikan yang terbaik sesuai dengan potensinya sebagai individu "
Si Pendidik belajar untuk menjadi pendidik yang baik yang perilakunya tak hanya menuntut namun bisa menjadi panutan .Yang dididik juga akan merasa senang karena dipahami sebagai individu yang sedang memenuhi haknya untuk belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar