Jumat, 31 Oktober 2014

Keharmonisan Hidup



Poster Drama BK


Sempat tertunda lama dari kesepakatan awal siswa/I ku mementaskan dramanya . Kuangkat judul materi “ Keharmonisan Hidup “. Menurutku agak bertele-tele dan terlalu teoritis ketika kusampaikan di kelas berkaitan dengan materi ini dengan cara berceramah .
Bayanganku pastilah yang dilakukan siswaku adalah menyenderkan kepala di bangku atau meja ,mencorat-coret buku sambil menghayal atau ngedumel ‘ bu ninik ngomong apa sih ‘ , menatapku tapi aku yakin seyakin-yakinnya pikirannya tak bersamaku . Bagaimanapun juga aku harus menjaga perasaan dan pandangan  mataku dari kejengkelan sikap mereka yang dilakukan di depan mataku . Dari pada aku marah –marah dan sebel . Kutantang mereka dengan membuat pementasan marah .
Minggu awal aku memberi materi , tak kupingkiri ada salah satu kelas yang pasif dan tak bergairah ketika kuberi materi keharmonisan hidup dan menampilkannya dalam bentuk drama. Agak sedikit mati gaya dan harus membawa kipas besar untuk menenangkan diri di kelas tersebut . Hingga kutanya , mauuuuuuuunya apa ? Tapi selalu ada hal yang bisa dipelajari dari sikap dan perilaku yang kadang menjengkelkan tersebut . Melatih kesabaran dan membuka komunikasi untuk berdialog . Bahwa mereka adalah juga individu yang butuh dipahami .
Cerita tentang pementasan drama dengan tema keharmonisan hidup adalah menggabungkan antara toleransi , kesetaraan gender dan persahabatan . Diterjemahkan oleh siswa/iku dari setiap kelas dengan skenario yang beragam . Menarik dan bagus sekali . Adaptasi cerita dari berbagai hal seperti persahabatan yang dilakukan disekolah pinggiran dan bernuansa alam seperti cerita laskar pelangi atau persahabatan membantu temannya dengan mengikuti games on line ( gaya abg metropolitan ) .Cerita tentang perebutan kekayaan antara orang tua yang berdampak pada ke hubungan anak dan anak . Cerita bullying yang dilakukan karena cemburu . Beragam tema cerita diangkat dan disajikan dengan skenario yang menarik .
Tak bisa kukatakan acting mereka sekelas acting Christine Hakim atau Slamet Raharjo . Setidaknya antusias mereka dalam menterjemahkan tantanganku untuk membuat skenario drama, berlatih peran , menghafalkan dialog , poster dan property harus dan wajib diapresiasi. Tujuan dari pemberian  materi Keharmonisan Hidup sesuai yang aku tuang dalam satuan layanan Bimbingan Konseling adalah mampu merancang skenario tentang keharmonisan hidup, mampu menghafal dialog dalam skenario, mampu memerankan tokoh. Selain tujuan yang tertulis ada juga pesan tersirat yang ingin kulakukan kepada siswa/I ku ini melalui kegiatan drama . Belajar menghargai perbedaan pendapat saat membuat skenario dan mengajukan ide , belajar berkomitmen terhadap kesepakatan saat berlatih . Dari kegiatan yang dilakukan oleh para siswaku ini kuharapkan mereka bisa menunjukkan bakat terpendamnya. Bahwa setiap individu adalah unik dengan kecerdasan multiplenya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar