Sabtu, 21 Februari 2015

Menggugah dengan caraku

Terlontar kata-kata dari rekan kerjaku wall fb ku sekarang penuh terus dengan postingan statusnya bu ninik loh . Tak begitu paham maksudnya menyindir atau berterimakasih . Yang jelas aku memang sering membagi postingan yang aku kutip dari tweetnya @anak juga manusia . Ku share kalimat inspiratif yang mengingatkan tentang keberadaaan anak . Anak yang bukan sekedar objek yang hanya punya hak untuk dituntut dan disalahkan . Aku sendiri mulai memperbaiki sikap , perilaku dan ucapan ketika membaca tulisan-tulisan yang menggugah tersebut . 
Mengutip tulisan Arvan Pradiansyah dari  bukunya Cherish Every Moment, :" Anda bergantung pada makanan yang anda masukkan ke dalam pikiran anda " . Ya saya setuju itu setiap anggota tubuh kita butuh makanan bergizi yang mengandung vitamin . Mulai dari ujung atas kepala yaitu rambut hingga ujung jari kaki . semua butuh perawatan dan vitamin . Untuk rambut dapat dilakukan dengan cara creambath , memberi vitamin penyubur rambut dll. Tiba di ujung kaki dapat dilakukan perawatan dengan pedicure , manicure , memberi lotion dll. Dan bukan semata anggota tubuh yang tampak dari luar saja yang butuh perawatan . Organ-organ vital yang tersembunyi pun butuh perawatan . Termasuk didalamnya otak manusia. Otakpun butuh vitamin informasi positif.
Dan di era digital sekarang ini memberi vitamin atau racun ke dalam otak sangat mudah . Tak perlu waktu lama karena sudah ada dalam genggaman . Hanya butuh quota dan pulsa . 
Jadi menurutku aku pun ingin memberi sumbangan untuk vitamin di otak dengan cara membagi postingan inspiratif dari @ anak juga manusia:
* Bangun kedekatan lahir batin dengan anak , buat ia nyaman saat ia butuh bercerita tentang apapun . Berhentilah hakimi curhatan anak dengarkan saja
* Saat anak melakukan kesalahan maka omelan ,amarah ,  bentakan tidak akan memberinya pelajaran . wujud tanggung jawab membuat anak belajar
* Saat kita tak tau ingin berkata apa pada anak , maka pelukan tatapan cinta sentuhan lembut di tangan bisa lebih bermakna ketimbang 1000 kata. 
* Anak-anak butuh dipercaya , percayalah pada mereka . Bagaimana anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bisa dipercaya apabila kita tak memberi kesempatan 
* Orang tua cenderung ingin merasa hebat di depan orang lain tapi jarang memberi kesan hebat di mata anakmya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar