Minggu, 24 April 2011

Patuh dan Kreatif

Seperti nya dua hal ini tidak bisa digabungkan, patuh dan kreatif. Patuh adalah suatu perilaku yang cenderung menurut dengan aturan yang ada, Sementara kreatif adalah perilaku yang cenderung keluar dari aturan-aturan baku.Ingat dengan pernyataannya Marisa Haque yang mengatakan orang kreatif adalah orang yang berani berpikir out of the box. Dan aku mengalami keadaan yang tidak menyenangkan dengan kata-kata patuh dan kreatif ini. Tadi pagi saat aku ingin mengajari anakku untuk menyelesaikan tugas sekolahnya , putraku yang kecil dengan agak ngotot mengatakan bukan begitu bunda yang diajarin bu guru. Bukan kali ini saja dia berperilaku seperti itu seringkali setiap aku harus membantu mengajari untuk menyelesaikan tugas sekolahnya pasti aku harus bersitegang karena yang kuajarkan seringkali tak sesuai dengan petunjuk gurunya . Serasa masuk ke zaman orde baru lagi deh...menurut petunjuk bapak presiden...hahah itu kata-kata yang sering diucapkan oleh mentri penerangan di kala itu. Dan di zaman reformasi sekarang ini aku menemukan kembali kata-kata itu oleh orang terdekatku, anakku sendiri...capek deh.Pernah aku ingat putraku ini ngotot nya luar biasa saat bertanya untuk jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh gurunya , gurunya memberi empat titik untuk jawaban yang harus diisi sementara jawaban yang harus dijawab ada lima huruf. Dan untuk hal ini saja aku bisa bersitegang dengannya....cukup menguji kesabaran juga mudah-mudahan aku gak darah tinggi saja.Dan dia juga pernah tanya waktu aku menyerah suatu hari gak mau ngajarin dia belajar aku bilang bunda darah tinggi kalau ngajarin adek dan dengan santai dia jawab makanya jangan kebanyakan makan daging nanti darah tinggi dan tambah gendut...halah...Menurut aku sebagai orang tua ke " patuh "an mungkin menyenangkan .Orang tua mana yang tidak senang dan bahagia melihat anak-anaknya patuh, tetapi aku khawatir juga apabila ke " patuh"an berakibat anak -anakku ( termasuk juga siswa/i ku) hanya akan menjadi generasi penurut . Apa jadinya kalau semua harus bertindak sesuai dengan petunjuk, bisa-bisa generasi ini hanya akan menjadi generasi yang pengekor bukan generasi pencipta. Wah sedih dan prihatin deh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar