Jumat, 15 November 2013

Tentang Ahok...

Begitu menjabat sebagai wakil gubernur DKI keberadaan pribadi yang pernah menjabat sebagai bupati Belitung ini begitu menarik perhatian . Berduet dengan seseorang yang santun seperti Jokowi . Ahok sosok yang berbeda dan sangat ekspresif menyampaikan apa yang dirasakannya . 
Kontroversi sikapnya yang berseberangan dalam menanggapi pernyataan atasannya mendagri sangat luar biasa berani. . Belum pernah ada dalam sejarah Indonesia yang merdeka 68 tahun . Bawahan terang-terangan membantah atasannya.Padahal sejujurnya si bawahan juga tak sepenuhnya setuju dengan kebijakan atau pernyataan atasannya karena kondisi kebiasaan masyarakat kita yang ewuh pakewuh . Akhirnya budaya blangkon yang dilakukan manggut-manggut ketika di depan dan mengepalkan tinju ketika berbalik  .Anehnya kita mungkin lebih suka dan nyaman ketika dibohongi dari pada berkata tentang kejujuran . Ketika bawahan membantah yang ada dipikiran atasan adalah bentuk rongrongan kekuasaannya . Era keterbukaan berpendapat mulai kita masuki . Silahkan kaget bagi yang tak siap perubahan.
Dan teringat dengan pernyataan sang wagub yang dilansir oleh media on line " Saya orang Indonesia bukan Cina" , kembali membuat kagum . Pernyataan yang menggambarkan seorang yang berjiwa nasionalis .Tak hanya di bibir saja. Biasanya masyarakat kita akan suka bertanya ketika bertemu dengan seseorang , " orang mana"? Atau pernyataan bernada miring " oh orang ini ya ...???" sambil menyebut suku tertentu dibarengi dengan mimik wajah yang berbeda . Dan akan berbeda ketika bertemu dengan yang sesuku...
Indonesia dengan kemajemukannya di kotak-kotak dengan sukuisme . Tak salah adanya suku atau agama yang berbeda . Justru itu sebagai bagian untuk memperkaya diri kehidupan bernegara . 
Dan aku termasuk orang yang sangat tak suka saat ditanya orang mana ,Waktu SMP pernah guruku bertanya saat mengabsen dan perkenalan di awal pelajaran . Memanggil nama siswanya dan siswa menyebutkan daerah asalnya . Ketika tiba giliranku yang dipanggil lantang aku menjawab , Saya orang Indonesia ,. Saat itu terdengar gemuruh tawa teman sekelasku dan aku diledek sebagai orang Indonesia . Setelah kejadian itu aku tetap berkata apa yang salah dengan pernyataan ku . Aku orang Indonesia dan aku bangga akan Indonesia . Walau pedih dengan keadaan Indonesia karena oknum . Mirip ahok gak sikapku ??Ya pasti beda ya , siapa yang mo dengar pernyataan anak SMP kala itu . Saat ahok ngomong kan sudah jadi pejabat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar