Selasa, 18 November 2014

Ketika mereka tersenyum ....( Games ular tangga Multiple Intellegence)


Tatapan antusias saat memulai kbm di bulan November . " Bu hari ini kita games ya " , tanya siswa/i ku . Dengan sedikit jual mahal kutanya lagi " games apa" . " ih ibu kan sudah janji sahut mereka serempak . Tersenyum dengan tagihan siswaku yang menyambutku di depan pintu kelas. 
Games yang diminta oleh siswaku memang sudah kupersiapkan dari awal tahun ajaran ketika mereka naik kelas 8 . Karena request mereka diakhir kbm kelas 7 adalah belajarnya sambil bermain. 



Memutar otak untuk mencari ide , akhirnya kuputuskan untuk membuat games ular tangga dengan materi multiple intellegence atau kecerdasan majemuk. Mereka akan belajar tentang kecerdasan majemuk dari teorinya Howard Gardner . Dan aku berusaha mengemasnya tak hanya sekedar tentang teori . 
Menurut teorinya Gardner manusia memiliki 8 kecerdasan ( dan mungkin akan bertambah lagi ). 
  • Kecerdasan Linguistik yang memiliki kecenderungan mudah memahami segala hal yang berkaitan dengan bahasa . Menggunakan bahasa untuk berkomunikasi atau kemampuan  berpikir dalam bentuk kata-kata sekaligus menggunakan untuk mengekspresikan gagasan dan pikiran
  • Kecerdasan Logika Matematika adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam menalar menggunakan logika. Kecerdasan matematika meliputi antara lain kemampuan mengukur, menghitung , berpikir logis serta menyelesaikan masalah matematika .
  • Kecerdasan Visual -Sapasial adalah kemampuan yang dimiliki individu dalam memahami apa yang dilihat . Kecerdasan ini sangat menekankan kemampuan individu untuk berpikir dalam 3 dimensi . Pada kecerdasan Visual spasial ini memunngkinkan individu untuk menerjemahkan apa yang dibayangkannya bahkan memodifikasi imajinasinya dalam suatu dimensi. 
  • Kecerdasan Musical adalah kemampuan individu dalam membaca not balok , bernyanyi dan menggunakan alat-alat musik . 
  • Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosialnya . Pada kecerdasan Interpersonal ini terkait dengan bagaimana individu memahami perasaan , suasana hati , keinginan serta karakter orang lain.Bahasa iklannya "Gak ada elo gak rame"
  • Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan individu untuk merenung dan memaknai setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupannya
  • Kecerdasan Kinestetik -Jasmani adalah kemampuan individu dalam olah tubuhnya . Kemampuan individu untuk menggerakkan anggota tubuhnya sesuai dengan fungsinya dan bahkan dapat mengolah gerakan tubuh yang menarik.
  • Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan individu dalam melihat gejala alam , mencintai lingungan dll. 


 Materi multiple Intellegence ini aku berikan dalam bentuk games ular tangga. Dalam beberapa kotak peserta akan mendapatkan tantangan yang berkaitan dengan penggalian kecerdasan multiple intellegencenya . Ada yang sangat mudah untuk menjalani tantangan menyanyikan lagu wajib nasional . Tak jarang juga menemukan siswa yang kesulitan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ( Padahal tiap Senin upacara bendera ternyata jiwa nasionalisnya tetap belum tergali ) Selain tak hafal suaranya juga sumbang . Tapi jago dalam bidang olahraga . Ketika harus melakukan freestyle bola dapat membuat teman-temannya kagum .
Tersenyum , berteriak , menjerit adalah perilaku riang yang ditunjukkan para siswaku ketika bermain games ular tangga multiple intellegence . Kusampaikan pula games ini tak hanya menyelesaikan nomer kotak hingga akhir. Yang lebih utama adalah menyelesaikan tantangannya. Karena aku sedang menggali kecerdasan majemuk. Dengan cara bermain mereka menunjukkan kemampuannya . Sorak sorai gelak tawa teriakan mewarnai kbm di kelas yang kubimbing

2 komentar:

  1. bu, saya hiro 8-2 =D, saya request, cover novel yang judulnya "always" publikaaikan dong bu.
    Salam Damai,
    Penduduk Bumi yang sekolah di SMPN40SSN kelas 8-2
    ttd
    Hiro Agayeff

    BalasHapus