Minggu, 07 Juni 2015

Terbelalaklah Aku....

Silahkan merenung 2 menit untuk memikirkan gagasan gila yang heboh . Kelas mendadak sepi dan semua siswa mengerutkan alisnya hingga hampir menyatu pertanda proses berpikir sedang dilakukan . Lewat 3 menit kelas mulai bersuara , mulai bisik-bisik antar bangku . Menyatunya beberapa orang yang kesemuannya bisik-bisik membuat keributan juga . Hingga aku berdiri dari kursiku dan mengatakan " oke , siap untuk menumpahkan gagasan gila ? " tanyaku . Ingat tak ada yang berhak menilai gagasan temannya , kita belajar menghargai pendapat orang lain, sahutku lagi . 
Kuambil beberapa spidol kelas dan mulai menantang untuk berani menuliskan gagasannya di white board kelas. satu , dua , tiga ....mulai ada yang berani mengacungkan jari meminta spidol tanda siap untuk menuliskan gagasan gilanya . Kuhargai iniasitif dan keberanianya . Mulai dari apartemen setinggi langit yang bisa menampung seluruh penduduk , game virtual , es krim lada hitam , kota impian , jubah penghilang wujud , mesin pemutih kulit , gigi palsu tanpa mengunyah , kendaraan menggunakan gas buangan kotoran manusia, alat penambal ozone, lift kemana saja , kantong ajaib, mesin pendeteksi mimpi, nasi ramen , robot multi fungsi, obat anti galau , permen karet pengubah suara, GOR Magic, Lift sensasi terbang dan masih banyak lagi , masih banyak lagi .Kulanjutkan dengan bertanya argumen siswa/i ku tentang gagasannya . 
Dan silahkan bergabung dengan teman-teman yang bisa mewujudkan gagasan tersebut menjadi satu kreasi baru kataku lagi . Mimggu depan presentasi beserta produknya , ungkapku menutup kbm hari ini . Dan tanpa harus memberi aba-aba, serempak keluar ungkapan bernada negosiasi dengan alasan untuk menolak mewujudkan gagasannya , " ya jangan mingu depan bu , bu buat robot gimana caranya bu ( bernada putus asa  sambil menggaruk kepala) . Bu...bu...bu...banyak sekali alasan disertai kata bu ,dengan nada memelas dan memohon agar tak harus ada projek yang dibuat . Ku kakukan wajahku seakan -akan tak mendengar suara apapun . Hingga akhirnya tak sampai hati juga kutanya apa kesulitannya . , gimana saya bikin robotnya bu,untuk buat game virtual apa yang harus kami lakukan bu . 
Satu hal yang sempat kukoreksi ketika salah satu gagasan  dikemukakan oleh salah seorang siswaku  kuliner sop buntut cicak , kutanya seandainya kuliner tersebut memang ada , maukah kamu mencicipinya . Gelengan kepala adalah jawabannya . Karena itu coba pikirkan ketika mengungkapkan jangan sampai menjadi  bumerang bagi pengungkapnya, sahutku lagi. Permintaan maaf segera diucapkan 
Ketika tiba waktu mempresentasikan gagasannya + produk miniatur impiannya , terbelalaklah aku . 
Satu persatu kelompok mulai mempresentasikan kolaborasi gagasannya , " Wahana Tehnologi Masa Depan , hasil kolaborasi kelas 8.2, SOS ' spy operation system 'dari kelas 8.1,'SusiloRaya Sushi telor Rabu ceria 'milik salah satu kelompok dari kelas 8.4 , robot serba guna dan kota impian masa depan dari kelas 8.6 , kacamata virtual dan senter pengecil tubuh dari kelas 8.5 . Dan yang tak kalah heboh ketika satu kelas yaitu kelas 8.3 semua kelompok menampilkan gagasan inovasinya bertema kuliner , " cobain deh bu inovasi kelompok kami , kripik kulit pisang menjelaskan dengan penuh semangat , ide, cara membuat , manfaat , ongkos produksi , dan harga jual apabila produk tersebut di jual . Menariknya ketika presentasi ada kalimat tidak disarankan untuk yang menggunakan gigi palsu . Karena kripik kulit pisang tersebut sangat keras . Dan aku hanya tersenyum mendengar himbauan tersebut
                                          Miniatur Kota Impian 

                                         GOR Magic dan Lift Sensasi Terbang

                                          Wahana Tehnologi Masa Depan

                                           Susilo Raya " Sushi telor Rabu ceria"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar