Sabtu, 20 Februari 2016

Debat aktif tentang "Nyontek "

Mengawali bulan Februari dengan membahas materi yang sangat dekat dengan kehidupan siswaku. Keuntungan dan bahaya menyontek.
Beberapa penolakan dan pengingkaran ketika ada dalam kelompok yang langsung kubagi menjadi 2 kelompok besar berdasarkan posisi tempat duduk mereka. " bu , saya pindah ke kelompok yang pro nyontek ya " kuangkat alis mataku , menjawab sambil nyengir , "ah ibu kaya gak tau saya aja . "
Begitulah dialog singkat yang terjadi sebelum kegiatan debat dimulai .
Menolak berada di kelompok yang kontra nyontek karena merasa selama proses kbm tak selalu jujur dalam menjawab soal-soal tertulis saat ujian .
Jadi ingat meme tentang nyontek



ya benar sekali ,memang seperti itulah yang terjadi .
Ketika debat dimulai kelompok kontra (menolak) nyontek berargumen nyontek itu gak baik dan dosa juga merugikan diri sendiri dan beragam argumen yang idealnya memang tak dilakukan .
Tak kalah sengit argumen balasan dari kelompok pro nyontek , merugikan bagaimana justru kita dapat nilai bagus dan itu kan bisa bikin orang tua bangga . wow argumen yang menamparku sebagai orang tua juga guru.
Ketika nilai dan peringkat lebih dihargai dibanding proses kbm yang jujur maka akan terus berulang kebiasaan buruk menyontek .
Dilema ketika berusaha memberi nasehat untuk mengharamkan menyontek argumen kritis diungkapkan oleh siswa/iku " Kalo kita jujur dan dapat nilai jelek jangan dong kami dimarahin , hargai hasil usaha jujur kami . Ups tak mampu berkata apa lagi menyanggah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar