Selasa, 10 Agustus 2021

Cerita minggu ini

 Selalu ada cerita menarik dari setiap pertemuan dgn siswa kala kegiatan layanan klasikal. Berawal dari kegaduhan ku yang mencoba menantang diri sendiri untuk bisa mengatur pembelajaran jarak jauh paralel 8 kls sekaligus dgn menggunakan aplikasi wa dan google class room . Melatih tatapan mata dan jari jemari untuk lincah menggunakan gawai agar cepat terjadi interaksi dengan siswa dari setiap klsnya di grup yg berbeda tentunya .  Sebuah usaha yang tak boleh dianggap remeh. Karena pjj yang dimulai jam 10.30 hingga jam 10 malam kegiatan pendampingan dan konsultasi untuk kendala yg dihadapi siswa tetap harus dilayani . 

Sambil koreksi tugas dari siswa yg sudah melampirkan di Google classroom nya jadi bahan refleksi diri atas kegiatan hari ini. Bisa   lah kegiatan ini disebut sebagai asesment untuk bisa memahami kemampuan siswa atas materi layanan . Sejauh mana siswa memahami materi   Bagaimana siswa mampu merangkai kata untuk pertanyaan yang membutuhkan jawaban bercerita. Mengembangkan kemampuan visual dan linguistik dalam rangkaian tugas. 

Ada yang menarik dari jawaban dan pertanyaan siswa dalam pjj online ini , saat mereka bertanya tentang rute perjalanan dari rumah menuju sekolah. Ketika mencoba koreksi tugas jadi paham ternyata pemahaman siswa tentang rute itu berbeda dengan pemahaman ku sebagai gurunya. Sebagian besar siswa memahami maksud pertanyaan sebutkan rute perjalanan dari rumah ke sekolah adalah waktu tempuh. Dan saat mencoba memberi umpan balik dari jawaban siswa kembali dijawab dgn jawaban "deket bu, cuma 5 menit" . 

Hmm ... Dan aku memaknai proses belajar yang berlangsung ini adalah contoh nyata pembelajaran Blended Learning. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar