Sabtu, 26 Februari 2011

Perasaan

Rasanya memang benar agak sulit mengukur perasaan . Perasaan dipengaruhi oleh rasa suka,senang,marah ,benci ,kecewa ,bahagia,jengkel . Terkadang kita masih bisa mentolerir ucapan atau perilaku orang lain karena perasaan kita lagi senang ,tetapi dilain waktu tanpa sebab yang jelas perasaan marah atau biasa disebut orang dengan emosi kita bisa langsung marah , membentak ,memukul,ataupun membanting barang.Harga diri ku diinjak-injak ,aku sakit hati sekali dan beragam kata-kata kecewa diungkapkan untuk menunjukkan perasaan tidak sukanya.
Sementara kita bisa menampilkan perilaku yang berbunga-bunga ,bersenandung dan tersenyum -senyum manakala kita merasa senang.
Dari kamus Oxford English Dictionary disebutkan perasaan dan emosi merupakan suatu kegiatan atau pergolakan pikiran,perasaan keadaan mental yang meluap-luap . Berawal dari pemikiran tersebut saya juga lantas menyimpulkan berdasarkan pemahaman saya bahwa perasaan adalah emosi yang merujuk pada suatu keadaan berdasarkan peristiwa-peristiwa tertentu yang memiliki kecenderungan untuk bertindak .
Mengelola perasaan mungkin juga sama beratnya seperti mengelola perusahaan besar . Karena kita tidak pernah akan tahu kapan kita bisa mengungkapkan perasaan dengan tepat . Mengutip kata bijak Aristoteles " Siapapun bisa marah- marah itu mudah. Tetapi marah pada orang yang tepat ,dengan kadar yang sesuai , pada waktu yang tepat demi tujuan yang benar dan dengan cara yang baik -bukanlah hal yang mudah" . Marah merupakan satu bagian dari perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh seseorang yang ditampilkan dalam bentuk perilaku negatif.
Untuk itu yang harus kita lakukan adalah memahami secara baik cara bertindak seperti apa yang akan kita lakukan saat kita ingin mengungkapkan perasaan kita entah itu dalam bentuk suka maupan tidak suka.Semua harus dipikirkan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari . Seperti kata pepatah nasi telah jadi bubur yang timbul penyesalan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar