Rabu, 22 Agustus 2012

Kenapa Tak Beda

Pertanyaan ini ditujukan kepadaku dari selentingan beberapa rekan kerjaku yang mengomentari kegiatan yang kulakukan dengan para siswaku di akhir materi kegiatan BK.Aku pernah menulis dalam blogku, mengenai rasa bangga dan bahagiaku atas hasil kerja yang dilakukan oleh para siswaku yang membuat tugas akhir dalam bentuk buku . Sebelum aku meminta siswaku untuk membuat tugas akhir tersebut pengantar yang kulakukan adalah meminta siswaku untuk membaca buku para tokoh dunia dan kembali menceritakan dihadapan teman-teman sekelasnya. Untuk kemudian aku katakan impian di masa tuaku nanti aku ingin salah satu dari siswaku terinspirasi dari perjuangan dan kisah hidup tokoh dunia tersebut . Dan siapa tahu mereka juga dapat menceritakan tentang hidup mereka dalam bentuk buku yang menarik. Intinya aku ingin dapat membaca buku hasil karya siswaku , seperti yang dilakukan Andrea Hirata penulis buku Laskar Pelangi. Tak hanya sekedar memberi nilai dari tugas yang mereka kumpulkan . Namun lebih dari itu , aku ingin mereka memperoleh pengalaman dari bercerita dalam bentuk tulisan sesuai dengan gaya bercerita mereka . Ternyata aku masih berada dalam lingkungan kerja yang menilai berdasarkan urutan - urutan kaku dan tak punya target jangka panjang.Mundur untuk menyamai langkah dengan mereka ?Aku rasa itu bukan gayaku, sementara maju sendiri pasti akan selalu mendapat komentar yang berkesan negatif . Jadi ingat dengan kalimat motivasi yang pernah aku bahas dalam pertemuan di kelas dengan siswaku ." Apa yang anda pikirkan bisa  Pasti bisa" Dan aku cukup takjub ternyata mereka memang bisa. Dan saat mereka mengumpulkan tugas akhir tersebut terucap bisik-bisik tetangga dari rekan kerjaku. Kok nilainya hanya segini padahal kerjaan anakku bagus . Tanpa mau bertanya padaku yag memberi tugas . Atas standar apa aku memberi nilai pada mereka . Dan pemahaman dangkal menilai hanya dari hasil akhir tanpa mau bertanya pengalaman apa yang diperoleh dari proses panjang yang telah dilalui saat membuat buku tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar