Kamis, 09 Januari 2014

Debat aktif tentang rokok

Hari pertama masuk sekolah setelah berlibur setelah berlibur setahun . Liburan semester ganjil . Pergantian tahun 2013-2014 . Bertemu dengan anak-anak hebat yang punya potensi untuk dikembangkan .
Setelah menyapa kabar dan bertanya kesan yang dirasakan selama liburan . Ada yang berteriak gak puas masih pengen liburan lagi . Ada yang ogah-ogahan menjawab karena ternyata liburannya tanpa diisi dengan kegiatan yang kurang berkesan . 
Setelah acara bincang santai selesai masuk ke materi . Aku punya rencana akan membahas tentang bahaya rokok . Agak sensitif apabila aku membawa contoh bendanya . Kusampaikan kepada mereka amati saya dan apa yang saya lakukan .Sambil menjepit pulpen diantara 2 jari , jari telunjuk dan jari tengah .Kuangkat pulpen seakan -akan aku sedang menghisap. Tanpa saya perintah untuk menjawab . Langsung mereka berbicara lantang . Ibu sedang memegang rokok dan menghisapnya . That's right mereka paham dengan apa yang akan dibahas pada pertemuan ini. Kulanjutkan dengan bertanya-tanya (pura-pura gak tau )Kenapa ya ada orang -orang tertentu yang tidak bisa hidup tanpa rokok . Dan mengapa pula rokok itu membahayakan . Bersahutan mereka menunjuk tangan ingin menjawab. Oke anak-anakku saya akan membagi kalian menjadi 2 kelompok besar . Kelompok yang pro dengan rokok untuk 2 baris bangku dari arah tangan kananku dan 2 baris bangku dari arah tangan kiriku untuk yang kontra rokok. 
Kegiatan debat aktif dimulai riuh , rame mereka berargumen tentang bahayanya rokok dan keuntungan dari rokok . Tak jarang terpeleset juga salah satu dari mereka menyampaikan argumennya berpihak pada kelompok lawan . hahhahhahha...teriakan gemuruh dari teman kelompoknya . " Gimana sih kok gak bela kelompoknya ." kata temannya sedikit jengkel . Baru kemudian tersadar dan berucap hehheh....iya sorry gw lupa kata siswa yang berargumen. Kegiatan diakhiri dengan bunyi bel yang berdering kencang . Kita masih akan lanjutkan pertemuan minggu  depan masih tentang bahaya rokok , kataku sambil menyimpulkan sedikit pembahasan tentang rokok dari kegiatan debat aktif yang dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar