Rabu, 31 Desember 2014

Tak Pernah habis tentang Multiple Intellegence

Banyak hal bisa digali dari kegiatan bermain ular tangga multiple intellegence . Bukan sekedar bermain dari angka terkecil hingga di nomer akhir yang menandakan si peserta menang . Karena di setiap nomer yang dijalani oleh peserta ada tantangan yang harus dilalui sebelum peserta melanjutkan ke nomer berikutnya . Ketika peserta tak mampu melewati tantangan maka hukuman yang harus dijalani adalah tak boleh mengikuti permainan satu kali kocokan dadu . Yang menyakitkan kata siswaku adalah ketika sudah hampir mengakhiri permainan bertemu dengan gambar ular yang meluncur ke bawah " sakitnya tuh disini bu " sambil menunjuk dada mereka . Karena begitu sampai di kotak di bawah tantangan berikutnya juga siap menanti .
November adalah bulan bermain kataku , menggali kecerdasan majemuk siswa dengan permainan ular tangga . Di pertemuan ketiga bulan November mulai terbiasa untuk menunjukkan kemampuan terkait dengan kecerdasan majemuknya . Saat harus bernyanyi lagu wajib nasional dilakukan dengan sikap sempurna
( meski gak janji ya dengan suaranya  ya ) . Ketika mendapat tantangan untuk menjadi reporter berita mulai berani untuk menyampaikan informasi seperti reporter tv yang sering mereka saksikan di televisi . Kegiatan ini untuk menggali kecerdasan linguistik siswaku .
Ada pula kejadian yang membuatku tersenyum manakala tantangannya adalah freestye bola atau celebrasi CR7 saat mencetak gol . Untuk siswiku hal itu merupakan hal yang gak gampang dilakukan . Dan beralasan saya gak pernah nonton bola bu , kukatakan boleh kok bertanya dan meminta contoh dari teman cowokmu . Saat itu tantangan yang harus dilakukan adalah tantangan untuk kecerdasan kinestetik jasmani . Dan ketika mereka bertanya aku mengajarkan tentang komunikasi interpersonal . 
Untuk penggalian kecerdasan naturalis tantangannya adalah menyebutkan nama tanaman obat di lingkungan sekolah atau nama-nama pohon di lingkungan sekolah . 
Kesulitan yang dihadapi oleh siswaku berkaitan dengan games ular tangga multiple intellegence adalah dalam menjawab soal sudoku . Tantangan ini dalam rangka menggali kecerdasan logika matematika . Momok matematika adalah bikin pusing ucap mereka . Tapi berubah ketika tantangannya adalah menyelesaikan permainan smart car . Penasaran bu ...manahanku untuk tak cepat-cepat mengambil permainan itu . 
Ketika sampai pada tantangan untuk menyebutkan arah rumah menuju sekolah dengan menggunakan arah mata angin atau menggambarkan denah lokasi rumah tantangannya adalah menggali kecerdasan visual spasial siswa/i ku 
Tak selalu kecerdasan majemuk tersebut berdiri sendiri . Tetap ada kaitannya dengan kecerdasan yang lain . Teori kecerdasan majemuk ala Howard Gardner yang menghargai keunikan individu akan membuat setiap individu merasa punya arti sebagai manusia . Dengan menggali kebiasaan yang berawal dari minat dan ketertarikan akan menghasilkan manfaat . Karena dilakukan berdasarkan kesenangan, minat dan kebiasaan .
Tantangan yang berhasil dilakukan siswiku dalam membuat design sampul novel untuk kecerdasan visual spasialnya .






Topeng kreatif dalam menjawab tantangan visual spasial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar