Sabtu, 14 Januari 2023

Cerita Jumat Pagi

 Hari Jumat selalu punya cerita , sebenarnya bukan hanya hari Jumat saja ada cerita . Setiap hari punya cerita yang berbeda . Dan Jumat ini menjadi berkesan dengan cerita pagi yang penuh semangat dan memberi energi bahagia . Diawali dengan rujukan klien yang datang dengan kekecewaan . Terlihat marah , kecewa dan rambut yang berantakan . Berusaha untuk menekan kemarahan dengan mengepal jemari tangannya. Silahkan duduk nak, ibu ambilkan minum ya . Wajahnya masih tegang menyimpan emosi . Yuk , silahkan diminum airnya. Mengambil cangkir yang ada di depan dan meneguk dengan antusias. Sudah lebih tenang , tanyaku pelan . ada yang mau diceritakan tanyaku perlahan .

Menarik nafas perlahan dan kembali nafasnya bergemuruh . Kembali terisak sambil mengatur nafas dan pelan menceritakan yang terjadi. Saya kecewa dengan diri saya sendiri bu , kutatap dengan tatapan teduh untuk memberi efek penguatan , dan bertanya kenapa ? Ada kejadian apa , hingga harus menyalahkan diri sendiri? 

Cukup lama untuk menenangkan , tarik nafas dalam-dalam tahan sejenak . Hembuskan perlahan . Tarik nafas dalam-dalam tahan sejenak , hadirkan hal-hal dalam pikiran mu yang membuat tenang . Tarik nafas perlahan , tahan sejenak hembuskan perlahan . Saat tarikan nafas sudah lebih relax kucoba bertanya dengan nada pelan. Dan berceritalah dia dengan kegelisahan yang dirasakan . 

Proses konseling sedikit terhenti dengan suara bel yang terdengar nyaring di ruangan. Lalu dia berkata ibu sekarang ngajar di kelas saya . Aku mengangguk dan bertanya iya, dan bagaimana perasaanmu sekarang. Sudah lebih nyaman tanyaku . Dia mengangguk dengan memberi sedikit senyuman kecil di bibirnya. Dan kamu mau tetap di ruangan ini atau bagaimana tanyaku, dijawab saya mau belajar dengan ibu. Ok …kita ke kelas yuk ajakku 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar