Kamis, 12 Januari 2023

Semangat baru diawal tahun

Memulai layanan klasikal di Minggu kedua semester genap ini dengan memberi tantangan kepada siswa-siswi ku untuk menjadi detektif. 

Sebelumnya menyapa dan bertanya kabar dan apakah mereka bahagia ? 

Jawaban beragam dilontarkan sambil bersahutan sesuai dengan yang dirasakan.

Tidak Bu, biasa saja , bahagia sahut beberapa dengan suara lantang . 

Menarik untuk digali lebih dalam makna bahagia versi mereka . Jadi bagaimana sih bahagia versi anak-anak ibu sahut ku lagi. Kembali dengan jawaban beragam dan menghibur. Kuberi kesempatan satu persatu untuk menyampaikan bahagia sesuai dengan yang kebutuhan mereka . Dan satu persatu menjawab , saya bahagia kalo saya diberi semangat sama orang yang saya suka bu , saya bahagia kalo boleh makan coki-coki bu (hmm…bahagia itu sederhana ya ) Kalo saya bahagia ketika saya pulang sekolah tanpa harus diomelin bu , Saya bahagia kalo lingkungan saya memahami saya bu, dan saya bahagia kalo tugas sekolah gak bikin pusing bu ( untuk yang ini butuh diskusi dengan rekan sejawat dulu kayaknya ya nak)  . Jawaban mereka menjadi refleksi bagi ku , tak banyak sebenarnya permintaan mereka . Tetapi kenapa masih saja mencari yang sulit ketika bisa memberi yang mudah ya. 

Setelah kegiatan awal berlalu memberi pilihan kepada siswa dalam rangka membuat siswa bahagia saat belajar. Sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka Belajar Pembelajaran Diferensiasi dan berpihak pada anak .

Hari ini saya punya 2 pilihan kegiatan untuk kalian pilih. Setiap pilihan dengan tantangan yang berbeda untuk diselesaikan . Pilihan pertama adalah saya menantang kalian untuk menjadi Detektif.  Mencari solusi dari masalah yang membutuhkan pemikiran bersama untuk diselesaikan . 

Pilihan kedua bu , tanya salah satu siswa yang penasaraan. 

Dan pilihan kedua adalah kita bersama akan melanjutkan kegiatan minggu lalu seperti yang sudah kalian tulis di G.slide dan untuk membahas rencana tujuan kita tahun ini ya. 

Dan semua langsung sepakat berteriak pilihan pertama aja bu, mau jadi detektif. Ada yang memilih pilihan kedua tanyaku ? Menjawab dengan gelengan kepala . 

Ok …apabila semua memilih pilihan pertama , ada persyaratan untuk menjadi detektif ternyata nak kataku lagi , Apa bu jawab mereka penasaran . Persyaratanya adalah detektif harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan aktif segala informasi yang didapat. Informasi tersebut menjadi data yang akan berguna bagi detektif untuk dianalisis dan ditindaklanjuti. Apakah anak-anak ibu memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Sedikit ada keraguan dari beberapa siswa yang merasa akan sesulit itu ya pekerjaan detektif dan menyampaikan pilihan kedua aja bu , beberapa temannya langsung protes gak bu , pilihan pertama saja. Bagaimana tanyaku lagi untuk memberi kesempatan siswa yang mendadak ragu dengan pilihannya . Ya bu , ikut dengan kesepakatan teman-teman bu , pilihan pertama . 

Baik kalo begitu berarti semua memilih pilihan pertama untuk menjadi detektif ya, dan paham ya kemampuan yang harus dimiliki oleh detektif. 


4 komentar: