Rabu, 19 Juli 2023

SEMBAGI ARUTALA



 Sembagi Arutala punya makna cita-cita tinggi dan mulia seperti rembulan. Sembagi Arutala dijadikan nama  stand CGP angkatan 7 dari kelas H dengan fasilitator yang selalu memotivasi bapak Eko Sumardi dan didampingi Pengajar Praktik (PP) ibu Ninik Febriani . Cerita tentang Sembagi Arutala berawal dari pemilihan nama stand untuk pameran hasil karya para CGP angkatan 7. 

Mendampingi Calon pemimpin pembelajar masa depan para CGP hebat yang terdiri dari 5 srikandi dan satu jagoan merupakan hal yang membanggakan bagiku . Seperti pernah disampaikan dalam testimoni tentang para CGP hebatku  “Seru, menyenangkan , semangat , peduli, inovatif dan kreatif “. 6 bulan kebersamaan dalam program guru penggerak dalam kontrak di LMS dan lebih dari 6 bulan dalam pertemuan langsung yang tak terjadwal dalam LMS. Merajut kebersamaan saat kegiatan pendampingan individu yang merupakan ajang silaturahmi langsung tanpa dibatasi ruang virtual . Cerita seru para CGP yang selalu menjadi diskusi menarik saat pendampingan individu dilakukan menjadi ajang tukar cerita,ide dan gagasan . 

Terbayang dalam ingatan saat awal pertemuan di kegiatan Lokakarya Orientasi . Penuh ketegangan dan saling menjaga image senyum simpul berbicara sepatah kata untuk menjawab pertanyaan. Pertemuan dgn CGP bagi PP diawali dengan kesempatan memilih Guru hebat yang menjadi teman belajar yg penuh semangat. Ketegangan lokakarya orientasi mulai mencair saat ruang kolaborasi dengan fasilitator.Diskusi seru dan berbagi cerita menjadi ajang kedekatan yang mulai terbangun . Pertemuan dgn para CGP saat sesi pendampingan individu adalah hal yg bisa membangun kedekatan antara CGP dan PP. Saling curhat mendengarkan cerita para CGP merupakan hal yg mengundang banyak pemahaman ttg pribadi masing-masing CGP. Pendampingan Individu 1 merupakan saat yg mampu membuat bingkai pemahaman dan refleksi diri CGP dengan filosofi KHD.

Dan keseruan kedekatan semakin terjalin saat lokakarya 1 . Lokakarya 1 dengan tema Komunitas Praktisi sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi pemimpin pembelajaran dalam menggerakkan ekosistem pendidikan, menjadi ajang untuk berkumpul para CGP kesayangan aku biasanya menyapa mereka di grup chat untuk saling berbagi pengalaman bersama dengan komunitas yg sudah di ikuti .

Pendampingan Individu 2 adalah saat CGP diberi kesempatan didampingi oleh PP untuk berbagi ide visi dan prakarsa perubahan untuk disampaikan dalam lembaganya. Dan mendapat  banyak masukan dari angket survey yg diberikan kepada kepala sekolah, rekan guru dan murid-murid.

Lokakarya adalah  pertemuan nyata yg selalu dinantikan oleh para CGP dan PP Tema yg diusung dalam Lokakarya 2 adalah visi guru penggerak mengenai lingkungan belajar yang positif melandasi proses pengembangan kodrat murid yang selamat dan bahagia. Kegiatan seru yang dilakukan dalam lokakarya 2 saat para CGP saling berbagi cerita berkaitan tentang budaya positif yang dilakukan dengan penerapan segitiga restitusi untuk menyelesaikan permasalah yg muncul di lembaganya .

Pendampingan Individu 3 merupakan Implementasi Pembelajaran yang berpihak pada murid .Dan  CGP melakukan refleksi dari survey 360 yang dilakukan, melakukan diskusi dalam menerapkan pembelajaran sosial -emosional.

Pertemuan Lokakarya 3 dengan tema yang diusung adalah Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dipenuhi dengan cerita dan simulasi kegiatan KBM dengan sesama teman CGP dan disertai dengan praktik Mindfulness. Celetukan lucu sempat terucap saat refleksi mindfulness , saya malah ngantuk ya bu .

Pendampingan Individu 4 adalah PI yang membuat deg-degan kata CGP , kenapa tanya ku penasaran . Supervisinya bu …hehhe. Ya…mindset lama tentang supervisi masih tersimpan dalam benak para CGP . Supervisi akademik dahulu kala adalah kegiatan penilaian yang biasa dilakukan oleh pimpinan kepada gurunya . Dalam program guru penggerak Supervisi akademik adalah kegiatan  yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi kepada murid, sehingga murid senang dan tidak merasa beban saat belajar. Sesi refleksi bersama CGP saat kegiatan supervisi akademik selesai dilakukan adalah saat CGP mampu mendapat pemahaman dan pengalaman berharga dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi. 

Lokakarya 4 menjadi ajang seseruan yang berbeda saat CGP mempraktikkan skill Coaching yang sudah dipelajari dalam modul LMS. Berdiskusi tentang perbedaan antara Coaching dan Konseling .


Pendampingan Individu 5 adalah saat CGP uji kemampuan mempraktikkan skill coaching pada rekan guru di sekolah . Mengamati pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh rekan sejawat . Dan membuat Rancangan Program yang berpihak pada Murid berdasarkan peta sumber daya yang dimiliki oleh sekolah CGP.

Lokakarya 5 dengan tema Kolaborasi dalam Pengelolaan Program yang berpihak pada Murid adalah kegiatan membuat rancangan program dengan menggunakan alur Bagja berdasarkan pemetaan aset yang sudah disepakati oleh CGP bersama dengan warga di sekolahnya. BAGJA dengan prosedur awal yang dilakukan adalah 

B = Buat Pertanyaan kepada semua warga sekolah untuk program yang berpihak pada murid 

A = Ambil pelajaran dari pertanyaan yang terkumpul . Mengidentifikasi kebutuhan 

G  = Gali mimpi  . Harapan yang ingin diwujudkan dari program yang direncanakan

Pembahasan Program yang direncanakan oleh CGP hanya sampai tahap B A G yang dibahas saat Lokakarya 5. Untuk selanjutnya akan menjadi pembahasan di Lokakarya 6.

Pendampingan Individu 6 dengan tema Refleksi Perubahan diri dan dampak pendidikan

Hampir 6 bulan kebersamaan dengan CGP dan PI 6 adalah akhir dari kegiatan pendampingan CGP melakukan Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan dan mendiskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi. Beberapa testimoni dari pernyataan CGP yang dimaknai oleh PP diantaranya . Program ini bagus keren banget . Kurikulum yang mengajarkan banyak hal tentang kepemimpinan dan manajemen di sekolah . Diawali dengan pembahasan di modul 1 yang berfokus pada perubahan diri dan mindset CGP. Pada pembahasan di modul 2 fokus pada perubahan kelas dan rekan sejawat CGP . Dan pada modul 3 setelah CGP mendapat bekal yang cukup CGP diberi challenge untuk melakukan perubahan dalam lembaganya . 

Lokakarya 6 Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah adalah menjabarkan rencana program yang berpihak pada murid dengan menggunakan alur BAGJA

J = Jabarkan rencana . Atur timeline kegiatan untuk perwujudan rencana 

A = Atur eksekusi . siap dan laksanakan. 

Diskusi menarik dan saling melengkapi rancangan program yang dibuat menjadi hal biasa yang dilakukan saat kegiatan lokakarya berlangsung . Tawa , celetukan diselingi dengan cemilan menjadikan  hubungan kedekatan CGP semakin terjalin erat.  Lokakarya 6 juga menjadi awal terjadinya kesepakatan untuk stand di panen hasil belajar pada lokakarya 7 yang terinspirasi dari film  Harry Potter. Sekolah Hogwarts yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sejalan dengan filosofi KHD yang dipelajari oleh CGP dalam Program Guru Penggerak . 

Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar. 

Implementasi dari pembelajaran selama 6 bulan di Program Guru Penggerak CGP menjadi penyihir dalam stand yang diberi nama SEMBAGI ARUTALA. Cita-cita tinggi dan mulia seperti rembulan yang ingin diwujudkan oleh CGP dalam pembelajaran di kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kodrat zaman dan kodrat alam murid. Menjadi penggerak dan menggerakkan sekolahnya masing -masing


Srikandi CGP bergerak bersama mendesign stand Sembagi Arutala






                                    Gaya andalan CGP angkatan 7 Kelas H-22




4 komentar:

  1. Aku kok mellow ya baca ini, inget pertama kali saat orientasi, sampai berfikir teman2 nya gak asik, kaku bgt... dan ternyata saat beriringan sering berinteraksi, ternyata kelompok ini *SEFREKUENSI* bahkan sampai ada CGP lain ingin gabung ke kelompok ini, berani belajar bareng, kerja bareng bahkan klo mau eror kita eror bareng, thank bu ninik, thanks juga buat temen2 yg lain, miss elisa, mis nia, bu ulfa, bu ai dan satu lagi arjuna di kelompok kami pak toro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk bisa mengenal dan belajar bareng dengan teman2 kesayangan dalam program guru penggerak ini . Love U All

      Hapus
  2. Keren banget bu tulisannya, bercampur aduk perasaan pas membacanya sekaligus terharu. Sayang sekali 6 bulan sepertinya berlalu begitu cepat, tidak ada lagi lokakarya yang dinanti2 dimana bisa bertemu PP dan teman2 lainnya. Miss you all, miss you bu Ninik. Thank you for this wonderful months we have together. Happy bgt di kelompok ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Love U All , terimakasih untuk kebersamaan yang penuh makna

      Hapus