bloggernya ni2k

Konseling

Sabtu, 09 Juni 2018

Takjub dan Surprise

 
Bulan terakhir KBM di kelas 8 dengan materi yang menantang " Temuanku".
Sebelumnya selalu kukondisikan siswa/i bimbingan ku untuk menjadi penemu. 
Bukan penemu dompet hilang ya kataku di depan kelas. 
Teringat pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Rumah Perubahan dengan tema nya yang menginspirasi Guru bisa menulis- Anak didik jadi sastrawan dan ilmuwan terpandang.
Dan inspirasi tersebut tersimpan dalam memory indah untuk menjadi " karya". Selalu mengarah kan tantangan dalam bentuk karya. 
Terlihat ada kekagetan pada beberapa siswa pindahan yang terbiasa dengan tantangan hanya menjawab soal yang ada di buku. 
Kusampaikan pada siswa bimbingan ku yang paham dengan cara mengajar ku . "Tolong bantu teman-temannya". 
Cerita tentang " Temuanku" adalah materi akhir di kelas 8.
Biasanya di materi yang menantang ini aku selalu meminta siswa untuk membuat projeknya. 
Tapi tidak untuk kali ini. Tahun ini kuganti tantangan dengan membuat proposal dari ide ( Temuan). Meskipun tetap ada pertanyaan dalam bentuk kekhawatiran. " Bu, ide saya kayaknya gak mungkin bisa terwujud bu"  kupandangi wajah siswa ku yang pesimis sembari tetap memberi semangat. 
Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini nak. 
Ingat ketika saya meminta kalian membaca kisah hidup para tokoh dunia. 
Bagaimana seandainya Thomas Alfa Edison tak memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan rasa ingin tahunya. Mungkin hingga hari ini kita tak akan merasakan terangnya sinar lampu, ucapku sambil menepuk pundak siswa ku 
Dan proposal "Temuan " siswa ku adalah karya tulis ilmiah yang di buat siswa ku dalam rangka menuangkan ide gagasan mereka dalam tulisan ilmiah berdasarkan aturan penulisan ilmiah. 
Harapan tersirat jangka panjang yang kutitip dalam tantangan yang kuberikan adalah tergali nya kemampuan siswa untuk mengungkapkan ide juga kemampuan menuangkan dalam konteks ilmiah . 
Semoga impian menjadi generasi masa depan yang terdidik dapat melekat pada siswa/i ku. 
Diposting oleh bloggernya ni2k di 22.53 Tidak ada komentar:

Sabtu, 28 April 2018

Kejujuran oh Kejujuran

Dalam setiap aspek kehidupan nilai kejujuran hendaknya selalu diamalkan. 
Bukan sekedar ketika sedang berlangsung ujian . 
Walaupun tak dipungkiri keadaan yang paling memungkinkan untuk menilai kejujuran adalah ketika saat ujian. Dilema antara ingin mengerjakan dengan jujur sesuai dengan kemampuan atau memilih mencontek dengan berbagai cara agar mendapatkan nilai yang bagus.
Permasalah ingin mendapatkan nilai bagus dengan cara yang tak jujur sebenarnya tak hanya sekedar ingin mendapatkan nilai semata. 
Bagi peserta ujian banyak sekali faktor yang menjadi alasan untuk kemudian peserta ujian mengambil keputusan berbuat curang dengan mencontek.
Ingin dianggap memiliki kemampuan dalam bidang yang sedang diujikan tanpa mau bersusah payah belajar.Memenuhi gengsi ( orang tua)ataupun khawatir membuat kecewa orang yang disayangi.
Masalah mencontek yang kerap dilakukan oleh peserta ujian tak hanya sebatas untuk usia remaja.. Tak jarang terdengar pula berita bagaimana kaum terpelajar yang melakukan perilaku curang ketika mengikuti ujian CPNS atau pun SNMPTN. Membayar orang untuk membuatkan tugas akhir skripsi , tesis ataupun desertasi. Bahkan untuk penulisan PTK yang dilakukan oleh para pendidik yang seharusnya mampu memberi contoh nyata tentang perilaku jujur tak jarang juga terdengar berita miring tentang proses pengerjaan nya.
Dan perilaku mencontek menjadi seperti virus yang menyeramkan. 
Disatu sisi terkadang dapat ditolerir sementara di sisi yang lain harus diberangus. 
Adakah pemikiran bijak yang mungkin bisa disumbangkan untuk perilaku mencontek ini?
 








Diposting oleh bloggernya ni2k di 23.38 Tidak ada komentar:

UNBK dan HOTS nya

Hari pertama UNBK tingkat SMP dimulai dengan kegelisahan .
Saat waktu di jadwal sudah menunjukkan dimulai nya ujian berbasis komputer ternyata detik berganti menit hingga melewati perputaran menit ke jam.
Tak kunjung ada tanda2 ujian akan segera dimulai.
Kasak kusuk mulai dilakukan untuk mencari informasi mengapa  jaringan tak kunjung terkoneksi ke Puspendik. Berusaha menenangkan peserta ujian untuk tetap berada di ruang ujian .
Hingga ketika waktu menunjukkan jam 8.40 jaringan tersambung dan memberikan token yang harus di isi oleh peserta uiian . Dan tiba- tiba ada salah satu peserta ujian yang mengangkat tangan dan bertanya " bu kita pulangnya jam berapa?"
Oh, ujiannya belum dimulai nak. Hebat deh kamu sangat visioner banget. Baru dimulai sudah bertanya pulang.
Cerita lain tentang unbk dengan soal yang HOTS ternyata tak hanya membuat kepanikan bagi peserta ujian tapi juga menjalar kepada para mama , galaunya mama dituangkan dalam media sosial yang memperlihatkan kegelisahan khawatir sang putra/i kesayangan tak mampu menjawab soal yang berbasis komputer dengan model HOTS tersebut.
Oh ya HOTS  adalah singkatan dari Higher Order Thinking Skill .
Apa yang dimaksud dengan HOTS?
Dikutip Tribunjogja.com dari laman Stephen F. Austin State University, metode Higher Order Thinking Skills membuat seseorang berpikir lebih dalam dari sekadar menyajikan kembali fakta.
metode ini membawa seseorang ke level yang lebih tinggi dari sekadar menghafal atau menceritakan kembali.
Kemampuan ini ditentukan dari Taksonomi Bloom, yang mengkategorikan dalam beberapa tingkat pemikiran.
Tingkat pemikiran Taksonomi Bloom dari tingkat ke tinggi adalah pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.
Lalu, bagaimana HOTS dipelajari di sekolah?
Untuk menerapkan HOTS, siswa tidak hanya harus memiliki pengetahuan dasar dan pemahaman konsep, namun juga dapat menerapkan apa yang mereka pelajari melalui aktivitas sehari-hari.
Caranya?
Guru akan mengajak siswa untuk berpikir kritis.
Siswa akan dapat mempelajari bagaimana dirinya bertindak, disiplin diri, pengawasan diri, dan koreksi diri.
Project dan tugas adalah satu di antara aktivitas untuk menantang siswa mempertajam pemahaman mereka.
Siswa datang dengan data, alasan, dan bukti yang memperkuat pemikiran mereka, menentukan sudut pandang dan perspektif, mempertimbangkan implikasi dan konsekuensi, dan mengevaluasi konsep.
Sementara itu, bobot poin untuk HOTS adalah 10 sampai 15 persen dari total jumlah soal UN yang diujikan.
(TribunJogja.com Senin 23 April 2018)


Diposting oleh bloggernya ni2k di 23.23 Tidak ada komentar:

Jumat, 30 Maret 2018

Bincang Ringan

Perbincangan ringan antara aku dan salah satu keluarga yg berdomisili di luar kota. 
Menanyakan kabar dan keadaan putra/i masing-masing. 
Hingga teringat putranya tahun ini akan menyelesaikan pendidikan formalnya. 
Masih tergambar dalam memory ketika usia nya masih kanak-kanak.
Memasuki masa remaja hingga saat ini menuju remaja akhir.
Perbicangan berganti menanyakan kabar putra/putriku. 
Kusampaikan putri ku saat ini sebagai siswi SMA kelas 11 dan putra bungsuku juga akan mengikuti ujian akhir di jenjang pendidikan menengah pertama.
Jawaban spontan langsung disampaikan , " ih , g kerasa ya nik . Si adek udah besar. 
Dan kujawab sambil bercanda " kerasa kok mbak. Gimana tiap hari ngasih makan , ngasih jajan . Terkadang harus bersitegang menghadapi perilaku yang sedang mencari jati diri. 
Bikin seneng, bahagia,bangga ,kecewa marah,sebel. Nano-nano seperti iklan produk permen zaman dulu. Dan semua harus terasa , semua harus dinikmati tak boleh mengabaikan rasa nano-nano tadi. Karena beragam rasa yang datang silih berganti dalam membesarkan putra-putri kita mengandung banyak pelajaran tersirat . Tentang kesabaran , tentang memahami,tentang keteladanan dan  tentang menjadi dewasa dan bijaksana
Diposting oleh bloggernya ni2k di 23.14 Tidak ada komentar:

Minggu, 25 Maret 2018

BPC ..Lagi

Kembali memberi materi BPC " baca pahami ceritakan" 
Memasuki bulan Maret di minggu awal sudah mulai menyampaikan tentang beberapa sesi kegiatan berkaitan dengan materi bpc ini. 
Ketika di awal memberi arahan agar mereka membawa buku tokoh dunia. Yup layaknya siswa ada yang dengan antusias sudah membawa buku yang dibutuhkan ada pula yang menjelang bel  pergantian jam dengan tergesa-gesa mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku. 
Hmm ...cukup menarik nafas panjang . 
Dan berusaha berpikir positif untuk mengapresiasi setidaknya mereka sudah berusaha. 
Ketika semua siswa sudah berkumpul kembali di kelas dan bersiap untuk memulai pelajaran barulah prolog tentang materi kusampaikan . Mengapa materi layanan klasikal ini kuberi nama BPC . 
Kukatakan BPC singkatan dari Baca Pahami Ceritakan. Lebih kurang 2 minggu memberi kesempatan untuk membaca sehingga kesebut 2 minggu itu adalah minggu hening, minggu senyap dan minggu sepi .
Dengan tujuan tak sekedar membaca namun memahami kehidupan tokoh dari buku yang dibaca. Dan memasuki minggu ke 3 & 4 di bulan Maret ini mulai melakukan sesi bercerita. 
Biasa selalu dimulai dengan ungkapan sebagai bentuk negosiasi "bu, saya belum hafal " dengan wajah di buat sememelas mungkin. 
Dan kujawab dengan senyuman termanis ku , " saya gak minta kamu menghafal kisah hidup tokoh yang kamu baca. Saya hanya minta kamu membaca dan memahami cerita yang dibaca tersebut ".
Minggu senyap dalam materi BPC
 
Diposting oleh bloggernya ni2k di 17.00 Tidak ada komentar:

Senin, 26 Februari 2018

Sekolah untuk sekolah, sekolah untuk hidup

 
 
Dua kalimat yang menjadi awal pembuka kegiatan seminar
 " Parenthing as teacher , Teaching as parent" . 
Membuka pemahaman tentang apa tujuan sekolah?
Hanya sekedar untuk menggugurkan kewajiban sebagai warga negara sesuai dengan amanat Undang -undang. 
Atau gengsi dari siswa maupun orang tua yang menitipkan pemahaman kepada putra/i nya apabila bisa diterima di sekolah ' A' akan lebih mudah untuk melanjutkan ke sekolah 'A ' berikutnya. Berulang terus seperti itu. Itu maksud dari sekolah untuk sekolah
Sementara ketika dengan pemahaman sekolah untuk hidup. Abaikan gengsi . 
Tak selamanya berada di sekolah " A" membuat putra/i kita bahagia dan mandiri. 
Tujuan dari pendidikan adalah membuat anak bahagia dan mandiri . 
Menemukan dirinya , memahami dirinya dan menjadi dirimya sendiri.

Diposting oleh bloggernya ni2k di 09.51 2 komentar:

Sabtu, 24 Februari 2018

Jigsaw Metode

Metode jigsaw adalah suatu kegiatan belajar dengan melibatkan kerjasama antara satu siswa dengan siswa yang lain untuk mencapai tujuan bersama.
Strategi jigsaw dapat dikategorikan sebagai kelompok pembelajaran kooperatif.
Model belajar kooperatif menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil yang terdiri dari atas 4-6 siswa heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri

Jigsaw methode                                    
Mengembangkan kemampuan
mendengar
berbicara
menghargai
Terlihat antusias
Dan bersemangat
 
Kemajuan teknologi yang dirasakan di zaman ini berimbas kepada semua bidang kehidupan. Menolak tapi membutuhkan . Dilema, apalagi bagi orangtua yang memiliki putra putri masih sekolah. Penggunaan gawai/gadget/hp dilingkungan pelajar menjadi hal yang memusingkan orang tua. Menjadikan keadaan tersebut menjadi layanan klasikal untuk dibahas dalam pertemuan Bimbingan konseling di kelas adalah hal yang mengasyikkan . 
Dengan tema besar yang kuangkat" Manfaat dan mudarat Internet terhadap bidang kesehatan, pendidikan, teknologi,pergaulan, game,politik, gaya hidup dan fashion.
Membagi kelas menjadi kelompok kecil setelah mereka selesai menghitung hingga hitungan ke 8.
Dan mencari teman yang nomer hitungan nya sama. Lebih adil dan tidak ada yang protes.
Saat sudah duduk bersama baru kemudian memberikan prolog dan menyampaikan tema kecil yang berbeda oleh setiap kelompok.
Berlanjut ke kegiatan berikut mereka diberi tugas untuk berselancar di internet mencari informasi manfaat dan mudaratnya internet terhadap bidang-bidang tersebut. Seru,ramai dan antusias. 
Generasi digital akan berteriak girang ketika di beri kesempatan untuk membuka hp. 
Saat siswa mempresentasikan materinya
Tantangan bagi gurunya untuk membuka pemikiran, masih dengan kekhawatiran dampak buruk dari internet atau lebih bijak menghadapi perubahan yang terjadi.
Metode jigsaw yang memberi kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat, mengelola informasi dan mengembangkan ketrampilan berkomunikasi mengajar kan kepada semua siswa untuk belajar berani menyampaikan pendapat nya.
Beberapa kecerdasan majemuk ( multiple intelegence) siswa dapat terasah melalui metode ini.
Saat siswa melakukan pencarian informasi melalui internet dan mendiskusikan data temuannya siswa sedang mengembangkan kecerdasan interpersonal dan logika berpikirnya.
Di pertemuan berikutnya siswa mulai diberi kesempatan untuk mempresentasikan tema materi pada kelompok yang lain.
Mengamati kecerdasan linguistik, interpersonal dan logika matematika,kinestetik dari siswa/iku dalam berinteraksi dan berkomunikasi saat menjadi "ahli" yang sedang menyampaikan tema materi nya.

Diposting oleh bloggernya ni2k di 23.02 Tidak ada komentar:
Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda
Langganan: Postingan (Atom)

EduCare2

EduCare2

banner anti-rokok


Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
bloggernya ni2k
Saya sebagai pribadi yang ingin maju
Lihat profil lengkapku

Arsip Blog

  • ▼  2025 (2)
    • ▼  Juli (1)
      • Deep Learning
    • ►  Mei (1)
  • ►  2024 (10)
    • ►  Desember (3)
    • ►  November (1)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Mei (2)
    • ►  Februari (2)
  • ►  2023 (11)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (3)
    • ►  Mei (1)
    • ►  Januari (3)
  • ►  2022 (18)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  September (3)
    • ►  Agustus (3)
    • ►  Februari (2)
    • ►  Januari (7)
  • ►  2021 (9)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (1)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (1)
    • ►  April (3)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2020 (9)
    • ►  Desember (1)
    • ►  September (1)
    • ►  Juni (1)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (2)
    • ►  Februari (1)
    • ►  Januari (2)
  • ►  2019 (14)
    • ►  November (2)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juli (2)
    • ►  Mei (1)
    • ►  April (3)
    • ►  Maret (3)
    • ►  Februari (1)
  • ►  2018 (25)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (5)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  September (2)
    • ►  Agustus (5)
    • ►  Juni (1)
    • ►  April (2)
    • ►  Maret (2)
    • ►  Februari (2)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2017 (37)
    • ►  November (2)
    • ►  Oktober (2)
    • ►  September (2)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (5)
    • ►  Mei (6)
    • ►  April (3)
    • ►  Maret (4)
    • ►  Februari (6)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2016 (37)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (3)
    • ►  Oktober (6)
    • ►  Agustus (3)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (4)
    • ►  April (2)
    • ►  Maret (4)
    • ►  Februari (5)
    • ►  Januari (5)
  • ►  2015 (56)
    • ►  Desember (6)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  September (4)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juni (4)
    • ►  Mei (6)
    • ►  April (4)
    • ►  Maret (9)
    • ►  Februari (8)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2014 (51)
    • ►  Desember (3)
    • ►  November (2)
    • ►  Oktober (6)
    • ►  September (7)
    • ►  Agustus (5)
    • ►  Juli (2)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (8)
    • ►  April (4)
    • ►  Maret (3)
    • ►  Februari (5)
    • ►  Januari (3)
  • ►  2013 (73)
    • ►  Desember (11)
    • ►  November (10)
    • ►  September (2)
    • ►  Agustus (5)
    • ►  Juli (6)
    • ►  Juni (7)
    • ►  Mei (5)
    • ►  April (11)
    • ►  Maret (6)
    • ►  Februari (6)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2012 (65)
    • ►  Desember (6)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (5)
    • ►  September (6)
    • ►  Agustus (4)
    • ►  Juli (2)
    • ►  Juni (13)
    • ►  Mei (5)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (6)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (8)
  • ►  2011 (160)
    • ►  Desember (4)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (4)
    • ►  September (7)
    • ►  Agustus (7)
    • ►  Juli (17)
    • ►  Juni (23)
    • ►  Mei (32)
    • ►  April (28)
    • ►  Maret (30)
    • ►  Februari (6)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2010 (22)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (2)
    • ►  September (1)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juni (6)
    • ►  April (4)
    • ►  Maret (3)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2009 (11)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (4)
    • ►  Oktober (6)

Pengikut

Contact from

foxyform
Tema Jendela Gambar. Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.