Sabtu, 03 Maret 2012

Cerita siswaku

Biasanya aku selalu membuat materi pelajaran sesuai dengan moment. Dan ketika tanggal 14 Februari yang lalu saat para muda -mudi sibuk merayakan valentine. Aku mengubahnya dengan membuat kegiatan bertukar kado dan di sertai ucapan yang bermakna motivasi . Aku memberi nama kegiatan tersebut dengan nama " Hari Berbagi". Setiap siswa aku minta untuk membawa kado dengan harga tak lebih dari 5000 rupiah. Dibalut kebingungan karena merasa cukup sulit mencari barang dengan harga 5000 rupiah. Dan alhamdulillah bisa terlaksana juga kegiatan tersebut dengan cukup sukses.Aku ingat sekali saat siswa/i ku sibuk membuka kado yang diterimanya setelah mengambil nomer sesuai dengan nomer di kado. Riuh lah tawa mereka, ada yang tertawa ngakak ada pula yang tersenyum simpul lagi malu-malu.Karena kebetulan mendapat kado dari orang yang ditaksirnya.hmm....Dan selalu ada kalimat motivasi dari kado yang diberikan dan bermakna luar biasa. Mengerti akan membuat orang memahami dan ketika memahami tak lagi menghakimi ataupun menuduh.Itu salah satu kalimat motivasi yang ditulis oleh siswaku. Bagiku sangat bermakna.
Lewat dari seminggu setelah kegiatan tersebut berlangsung . Aku mendapat musibah sakit batuk yang berkepanjangan. Dan akhirnya aku tak dapat mengajar di beberapa kelas. Aku menitipkan tugas kepada rekan kerjaku, yaitu kelas yang di minggu yang lalu membuat kegiatan tukar kado melalui tema materi " Hari berbagi" . Aku minta mereka untuk membuat suatu tulisan mengenai pendapat mereka tentang hari berbagi . Ketika keadaanku sudah lebih baik, aku kembali melakukan kegiatanku mengajar. Dan sambil memeriksa tugas yang mereka kumpulkan ketika aku berhalangan hadir.Hampir seluruh siswa membuat cerita tentang hari berbagi adalah rangkuman cerita dari kegiatan yang pernah dilakukan saat tukeran kado. Tapi ada satu tugas yang membuatku tertarik untuk membahasnya. Manakala ada seorang siswa yang mengumpulkan tugas tentang hari berbagi adalah pendapatnya tentang makna cinta.Menurut guru matematika, guru IPA, guru penjaskes, seni budaya, keterampilan jasa, ips, agama, dll Menurutku kreatif dan lain dari yang lain, membuatku tersenyum saat membaca dan mengoreksi kerjaan siswaku tersebut. Tapi ternyata ada yang kurang justru dia tak membuat kesimpulan makna cinta menurutku guru BK nya. Dan aku memberi komentar di buku siswaku tersebut adalah masih ada yang kurang karena kamu tak menuliskan kesimpulan makna cinta menurut guru BK....SELESAIKAN TUGAS Mu dengan baik dan sempurna tulisku.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar