Sabtu, 01 Desember 2012

Berkorban seperti pahlawan


Antusias mereka memberi energy untuk membuatku semakin bersemangat . Di minggu ini aku mulai memberi tantangan ke semua kelas yang kubimbing untuk mengakhiri semester ganjil di kelas 9 ini dengan membuat pementasan drama yang melibatkan seluruh siswa dalam kelas tersebut . Selalu aku mulai dengan mimpiku yang aku sampaikan kepada mereka bahwa aku ingin diakhir mereka belajar di kelas 9 ada kenangan indah yang selalu bisa kukenang , dan mereka membuat dalam bentuk drama . Drama yang melibatkan satu kelas . Ada yang menjadi sutradara , penulis scenario , pemeran utama , kostum , poster , music director .     Dan begitu antusias mereka mempersiapkan project akhir tahunnya. Dari mulai mendiskusikan scenario sambil berdebat, tertawa terbahak-bahak karena ada yang nyeletuk lelucon lucu , cemberut , merayu bahkan tak jarang berteriak nyaring untuk menenangkan keadaan karena semua ingin berbicara . Jadilah aku sebagai pengamat yang melihat kegiatan yang dilakukan . Terkadang ikut tersenyum juga mendengar ocehan mereka , tak jarang harus mendelikkan mata menyatakan tak setuju dengan yang mereka lakukan karena bisa menjadi awal mula perselisihan baru. Dengan cara ku aku mengajarkan tentang kerjasama dan menghargai pendapat orang lain. Aku ingatkan proses yang harus mereka lewati untuk sampai kepada pementasan drama bukan hal mudah . karena mereka harus belajar berkorban untuk tidak memaksakan kemauan mereka. Berkorban meluangkan waktu untuk mau berlatih bersama dengan teman-teman sekelasnya . Dan mungkin juga berkorban sedikit uang jajan untuk patungan membuat poster, menyewa kostum dll.Saat mereka menampilkan drama mereka aku tekankan mereka membawa nama baik kelas, bukan nama diri sendiri, jelek satu yang akan malu semua siswa dalam kelas tersebut . ketika baik maka yang disebut adalah kelasnya yang baik.
Di minggu pertama project ku berikan pada mereka , ada kelas yang sudah mulai berlatih dan mempersiapkan poster juga kostum dan property untuk pemainnya. Keren banget waktu aku ikut mendampingi mereka latihan . Benar-benar memberi doping energy bagi ku .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar