Sabtu, 08 Maret 2014

Minggu Beriklan

Di minggu akhir bulan Februari adalah minggu beriklan . Seperti biasa ada pesan sponsor yang harus disampaikan ketika menjalani layanan bimbingan klasikal . Pengantarnya sebelum kuberikan materi tentang rokok dan bahayanya kubagi siswaku dalam beberapa kelompok yang akan membahas rokok dari berbagai sudut pandang . Sudut pandang kesehatan , pendidikan , ekonomi , lingkungan, seni, politik, gaya hidup dan sumber daya manusia.
Yang ingin kugali adalah bagaimana pemahaman siswaku tentang rokok .Biarlah sebagian berpendapat materi ini memaksakan karena penekanan sudut pandang tersebut .Justru pengetahuan dan pemahaman dari sudut pandang yang berbeda itulah yang menantang ku untuk menggalinya . Mereka harus bekerja dalam team kecil di kelompok mereka untuk membuat iklan tentang rokok dan bahayanya . Sempat terlihat kebingungan di wajah polos anak-anak hebatku , gimana bu bikin iklan tentang bahaya rokok yang berseni . Lain lagi dari kelompok politik yang langsung mengangkat tangannya nyerah bu , susah . Selalu dengan semangat memotivasi layaknya motivator handal sejago pak Is yang berhonor 2M ( makasih mas) kukatakan ada lampu yang menyala di kepala anak-anak hebatku . Ungkapkan kepada teman jangan pernah berpikir aneh , neyeleneh dan gak mungkin . Dahulu orang juga menganggap aneh yang dilakukan oleh Wright bersaudara. Tapi justru dari keanehan itu muncullah satu temuan . Menciptakan pesawat terbang . Kuberikan waktu kepada mereka untuk curah gagasan atau brainstorming. Membiasakan untuk musyawarah agar mencapai mufakat
Satu jam waktu pelajaran berlalu . kembali kusampaikan kalimat motivasi dan menantang kreatifitas mereka " saya adalah orang yang membutuhkan bantuan agen periklanan untuk membuat iklan layanan masyarakat tentang bahaya rokok . Ketika saya datang kepada agen periklanan dan bisa membuat iklan yang menarik , pesan dari iklannya juga sampai kepada masyarakat maka saya puas , dan saya akan datang lagi untuk minta dibuatkan iklan iklan yang lain . Tapi apabila yang terjadi kebalikannya maka resiko yang akan ditanggung oleh agen periklanan ini adalah rugi dan bangkrut . Jadi curahkan semua ide-ide hebat kalian . Bentuk iklan boleh beragam . 
Terpantiklah kreatifitas majemuk mereka . Ketika kelompok kinestetik dengan kegemaran untuk dance berkumpul gagasan yang mereka sampaikan adalah iklan bahaya rokok ala K-Pop atau senam Ya iyalah . Dan saat anak-anak hebat yang pemikir bergabung dalam satu kelompok yang membahas tentang bahaya rokok dari sudut pandang politik lahirlah iklan layanan masyarakat dalam bentuk drama disisipi dialog tentang UU dan Perda larangan merokok di tempat umum . 
Takjub dan berbinar mataku melihat penampilan mereka saat mempresentasikan iklannya . Ide kreatif , kompak dan keberanian memodifikasi berbagai informasi yang ada untuk dikemas dalam iklan yang menarik menambah point kepuasanku . Puas dengan minggu beriklan semoga mereka tak mencoba-coba rokok setelah tahu dan paham akan bahayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar