Sabtu, 30 Agustus 2014

10 menit yang berdampak....

Jumat terakhir di Agustus , harusnya senang karena bayangan week end menari di depan mata . Ternyata jadi sesuatu yang menjengkelkan dan bikin bete . Gimana tidak ketika mendapat laporan tentang perilaku beberapa siswaku yang melakukan hal negatif . Ku sesali yang yang dilakukan oleh siswa-siswaku adalah perbuatan yang merusak fasilitas sekolah dan mereka harus bertanggung jawab untuk menggantinya. 
Tetapi pernahkah guru berpikir untuk bertanya karena alasan apa siswa melakukan perilaku negatif . Yang sering terjadi adalah intimidasi dan ancaman kepada siswa dan dilakukan oleh semua guru yang mengetahui kejadian tersebut . Dan hal itulah yang membuat aku jengkel .Hingga aku bertanya kepada siswa terssebut , karena alasan apa kok sampai berani merusak fasilitas sekolah ? Dan jawaban khas anak-anak yang tak mampu melawan kekuasaan . Sebel bu , kan kami masih punya waktu 10 menit untuk olah raga tapi langsung disuruh ganti baju . Oooooooo teriangatlah aku dengan bungsu kinestetik ku yang marah besar sesampainya di rumah ketika halaman sekolahnya mendadak dibuat taman untuk nilai tambah akreditasi keindahan sekolahnya .Dimana adek mau main bola , disuruh belajar terus . Saling pandanglah aku dan ayahnya . Untuk menyalurkan energi kinestetiknya bungsuku kudaftarkan di sekolah bola . Karena sekolah formalnya tak memberi fasilitas dan dukungan kepada kecerdasan kinestetiknya . 
10 menit bagi anak kinestetik adalah 10 menit yang berharga. Karena tak menutup kemungkinan di 10 menit itulah puncak energinya . Hal tersebut kerap luput dari pengamatan guru . 10 menit yang disimpan dan tak disalurkan dengan kegiatan positif ternyata bisa berdampak negatif dan berkepanjangan . Perusakan fasilitas umum, tawuran , genk motor dll
Pendidik pahamilah yang kita temui disekolah tak hanya siswa dengan tipe pemikir dan siap UN . Banyak juga siswa-siswa yang punya energi berlebih dan berhak juga untuk menikmati 10 menit aktifitas fisik yang terarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar