Kamis, 18 September 2014

Persahabatan ....2

Unjuk karya yang ditampilkan oleh siswa/i ku di minggu ini memberikan banyak pengalaman bagiku dan bagi siswa/i ku . Dari tiap kelompok dan kelas menampilkan sesuatu yang berbeda .Kreatifitas mereka tergali dengan diskusi untuk mencapai kesepakatan akan menampilkan apa . Proses untuk mencapai kesepakatan dengan cara berdialog adalah bagian kbm yang selalu kuterapkan . 
Mengajarkan untuk saling menghargai adalah bagian mendidik aspek afektif siswaku . Ketika proses kbm berlangsung sering aku keliling ke tiap kelompok untuk bertanya tentang rerncana penampilan . Tak jarang mereka bertanya meminta pendapatku , ketika ditanya tentang teknis penampilan berdasarkan ide-ide yang sudah disepakati aku akan memberi masukan sesuai dengan permintaan . 
Memancing kreatifitas bukan hal yang mudah ternyata , apalagi ketika menyangkut beberapa kepala dengan kemampuan dan keberanian yang berbeda-beda dari tiap siswa. Dan di situlah letak tantangannya . 
Persahabatan dikemas dalam berbagai versi unjuk karya yang menarik seperti drama , puisi, nyanyi , storytelling dan dance....sangat menghibur.
Belajar aktif untuk membahas materi yang dekat dengan kehidupan siswa melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Mengajak siswa untuk mengamati penampilan teman-temannya kemudian memberi komentar merupakan bagian pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 . Melibatkan partisipasi secara aktif , dengan cara amati , ber'tanya' , menalar, men'coba'dan presentasi . 
Kuberi tantangan proses kegiatan seperti tahapan pendekatan saintifik. Hasilnya woow....luar biasa wajah antusias ketika berdiskusi untuk mencapai kesepakatan penampilan yang akan ditampilkan . Latihan agar kompak saat penampilan . Ketika tiba saat penampilan , kelompok yang tak tampil begitu perhatian mengamati detil-detil penampilan temannya. mengapresiasi dengan memberi komentar yang membangun . Menarik dan menantang siswa untuk aktif terlibat . Kegiatan untuk materi persahabatan ditutup dengan kuminta siswaku membuat quote tentang persahabatan , diantara yang menarik menurutku :
1. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan , justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya .
2. Persahabatan itu saling memahami bukan menghakimi 
3. Kebersamaan itu ada dalam persahabatan , tetapi persahabatan tidak selalu ada dalam kebersamaan 
4. Sahabat sejati menangis saat kau pergi , sahabat palsu pergi saat kau menangis 
5. Persahabatan itu ibarat sekotak crayon , masing-masing punya warna yang berbeda . Tapi coba deh dipadukan mereka akan membuat pelangi yang sangat indah 
6. Sahabat yang baik adalah sahabat yang ngomong sama kita , bukan ngomongin kita dibelakang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar