Senin, 13 Oktober 2014

Oktober Ceria

Biasanya orang mengatakan sesuai dengan judul lagu yang dinyanyikan Vina Panduwinata " September Ceria". Tapi aku memulai bulan Oktober dengan semangat dan ide yang kusampaikan kepada siswa/i ku . 
Di bulan yang lalu KBM dengan siswa dilakukan dengan berbagai aktifitas . Saat materi persahabatan kutantang siswaku untuk menampilkan unjuk karya Sesuai kesepakatan kelompok. Puisi , drama, storytelling , nyanyi adalah unjuk potensi siswaku dalam memaknai tentang persahabatan . 
Ada yang melakukan dengan sangat serius , mulai dari saat membuat puisi , menggubah lirik lagu dari lagu yang sudah ada, membuat skenario drama dan berlatih . Mencari ide dengan cara browsing internet. Kutunggui semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa/i ku sambil mengamati semua aktifitas yang tampak .
Ada yang dengan sangat berbakat bertugas men jadi pemimpin . Mengajak teman-temannya untuk diskusi , bertanya dan mengeluarkan pendapat dengan teratur . 
Di bulan Oktober ini tema materi tentang " Keharmonisan Hidup " yang akan dibahas. Menggabungkan beberapa materi yang sudah pernah di bahas , tentang toleransi , kesetaraan gender dan persahabatan . 
Bisa kubayangkan apabila metode yang kugunakan adalah ceramah . Pasti yang terjadi adalah tatapan satu arah disertai dengan uapan lebar mulutnya ....mengantuk serasa di dongengin . Kuhindari hal itu dan kusampaikan kepada siswaku . 
Sungguh luar biasa ketika kubagi  kelas memnjadi 2 kelompok besar dan kuberi tantangan untuk membuat skenario drama tentang keharmonisan hidup . Terlihatlah beberapa kecerdasan terpendam diantara siswa/iku
Yang dominan dengan kecerdasan linguistiknya mulai menyatakan pendapat tentang ide yang ingin diwujudkan. Yang dominan dengan kecerdasan interpersonalnya terlihat mengatur teman-temannya agas diskusi dalam membuat skenario dan pengaturan peran dapat terlaksana dengan baik . Menyenangkan sekali menunggui mereka berdiskusi untuk mencapai mufakat . Melihat mereka berlatih diselingi dengan celetukan khas remaja ABG.....Oktober ceria bersama siswaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar