Minggu, 26 April 2015

Masih tentang BPC

Bercerita tentang perjalanan tokoh dunia masih berlangsung , 2 bulan lebih untuk membahas materi ini . Bukan karena tak tuntas atau tak menarik . 
Tapi memang selalu ada kalimat yang terdengar dari beberapa siswa di setiap kelas " belum hafal bu " . 
Dan semangat mengajarku langsung gubrak ke titik nadir , kuungkapkan dengan intonasi volume suara tinggi , " yang saya minta baca cerita tentang kehidupan tokoh dunia , pahami cerita hidupnya dan ceritakan lagi kepada teman-teman seakan -akan kalian sangat dekat dengan tokoh tersebut . Tidak ada perintah untuk menghafalkan tahun, tempat dengan susunan ejaan yang tepat , sahutku dengan jengkel .
 Hening kelas ketika aku berbicara .
Dan memang benar ternyata KBM itu bukan hanya ditujukan untuk siswa semata . 
Gurunya pun harus belajar . 
Belajar memahami tugas perkembangan siswa, belajar menggali kepercayaan diri siswa , belajar fleksibel dengan penerapan metode yang tak selalu bisa diterapkan di semua kelas paralel , belajar memantik siswa dengan kalimat motivasi yang menggugah yang berbeda kepada setiap siswa , belajar memahami keunikan karakter setiap siswa ....uuuuh berat juga ketika tersadar .
Tapi akan sangat puas dan bahagia ketika tertanam dalam hati dan memory mereka , " ibu motivator bagi saya , ibu paling mengerti kami . Hmmm serasa melayang ketika melalui tatapan antusias wajah optimis mereka menyampaikan terima kasih bu , diakhir materi KBM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar