Rabu, 30 September 2015

Merdeka itu...

Agustus itu moment bersjarah bagi bangsa Indonesia . Mengutip salah satu alinea dalam pembukaan UUD '45 " dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia . Hingga usia kemerdekaan 70 tahun republik ini cita-cita untuk mewujudkan negara yang merdeka , bersatu , berdaulat adil dan makmur selalu menjadi impian yang harus diwujudkan . Bukan hal yang ringan butuh energi dan semangat ekstra. 
Di moment Agustus kutantang siswa/i bimbinganku untuk mewawancarai nara sumber minimal 3 orang tentang "Merdeka" . Siapa aja bu , tanya mereka ketika tantangan itu kusampaikan , siapa aja boleh , direkam dan divideokan agar saya bisa lihat proses wawancaranya , sahutku lagi . 
Terdengar bisik-bisik tetangga diantara mereka , bu Ninik aja yang kita wawancarai . aku menolah dan mengangguk boleh silahkan buat jadwal dengan manajer saya sambil mengedipkan mata. 
Jadwal pengumpulan tugas aku longgarin lewat 1 minggu , seperti biasa ungkapku " " saya tunggu hari Jum'at sampe jam 3 " 
Cerita lucu saat beberapa kelompok menagih waktuku untuk wawancara , tunggu saya sholat dhuhur dulu . Bergaya seperti repoter handal dengan memakai gadget milik mereka salah satu anggota kelompok yang mendapat tugas menjadi pewawancaranya berulang kali minta supaya adegan diulang 'grogi ' .
Saat wawancara mulai berlangsung dengan beberapa pertanyaan yang diajukan ,terlintas dalam pikiranku untuk sedikit mengecek logika berpikir mereka. 
"Menurut ibu , apakah saat ini bangsa Indonesia sudah merdeka ?" tanya mereka padaku. " saya kembalikan pertanyaan kepada generasi muda, sudah merdekakan kalian " ? tanyaku lagi. yaaaa ibu kenapa nanya lagi sih ....aaaah tuker aja deh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar