Rabu, 27 Januari 2016

Galeri Belajar

Mengajak belajar kepada peserta didik bukan pekerjaan mudah. Malas-malasan wajah cemberut keluhan capek ,bosan gak ngerti gak bisa adalah hal yang biasa diungkapkan oleh siswa/iku. Generasi digital aku biasa menyebut mereka . Metode catat buku sampe abis tak lagi bisa digunakan.
Ajak mereka browsing tentang sesuatu pasti matanya langsung berbinar , teriakan halus terdengar " hore ...boleh buka HP"
Saat menyusun rencana pembelajaran untuk KBM tahun ajaran ini , mengumpulkan berbagai data informasi tentang karakteristik kelas , kebutuhan dan moment yang akan dihadapi oleh siswa/i bimbingan ku.
Memodifikasi antara kebutuhan siswa , tujuan memberi materi dan metode mengajar yang akan digunakan . Membaca banyak buku rujukan adalah kegiatan rutin menjelang pengerjaan RPP satuan layanan .
Hingga keputusan ku bulat menggabungkan dua metode mengajar membuat mind map mata pelajaran yang dilakukan dengan kelompok yang beranggaotakan 4 orang untuk membahas satu pokok bahasan materi . Tiap kelompok kuberi tantangan membuat 2 materi yang berbeda dengan kelompok yang lain.
Kegiatan pertama selesai . Semua harus dapat memahami pesan yang ingin disampaikan tentang materi yang di buat dalam bentuk mind map .
Dan mulai menggabungkan metode yang lain..." Galeri Belajar "aku menyebutnya . Kutempelkan hasil karya anak bangsa berupa mind map mapel yang berbeda dari tiap kelompok .
Selanjutnya kukondisikan kelas sedang mengunjungi galeri . Galeri belajar judulnya .
Menariknya ketika sessi tanya jawab di mulai setiap kelompok bertanya kepada kelompok lain berkaitan dengan mind map nya. Dimulailah terjadi diskusi menjelaskan dan saling melengkapi . Menarik dan menyenangkan ketika belajar ketika peserta didik dilibatkan sebagai subjek pembelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar