Jumat, 13 Januari 2017

Empat Puluh Delapan...Luar Biasa

Perjalanan panjang disertai memulai sikap profesional dengan menunjukkan Peraturan Mentri (Permen) berbuah hasil . Sebelum ada permintaan dari siswa yang berharap mendapat keadilan seperti kakak tingkatnya dalam layanan klasikal . 
Mulai gusar saat kurikulum di lembagaku mengurangi jam tatap muka layanan klasikal . 
Diskusi dan perdebatan berlangsung lama dan cukup menguras energi . 
Berusaha meyakinkan dengan dasar Permen tetap tak membuat perancang jadwal mapel bergeming. Mencoba berpikir positif dengan tantangan 1 jam layanan klasikal dan merancang metode yang efektif adalah cara yang paling baik menurutku saat itu. Untuk bereaksi menolak dan tak menjalani jadwal yang sudah dibuat akan merugikan siswa. Hal itu yang sangat kuhindari.
Sambil tetap melakukan negosiasi dengan pihak tertentu ( kepsek dan wk kurikulum )untuk meyakinkan pentingnya memberi amanah 2 jam layanan klasikal kepada guru BK sesuai Permen yang ada. 
Ketika siswa meminta untuk tambahan jam dalam layanan klasikal kembali kutantang siswa untuk berani menyampaikan keinginannya kepada kepsek . Pertanyaan mereka kala itu , boleh bu ? Ya boleh kenapa kok gak boleh , tanyaku balik . 
Sambil merancang susunan kalimat untuk disampaikan pada kepsek, aku pun tak diam saja tetap bergerilya meyakinkan pengambil keputusan untuk bersedia memberi amanah 2 jam layanan klasikal .
Dan ketika di semester genap tahun ajaran 2016 -2017 dimulai . Saat rekan guru yang lain dikurangi jam mengajarnya . Tidak dengan aku dan rekan sesama guru BK kami berdua panen jam . dengan rombel sebanyak 24 rombongan belajar . Masing-masing dari kami mendapat tugas mulia melayani siswa sebanyak 861 orqng dengan hitungan 48 jam perminggu. 
Luar biasa disertai dengan tatapan takjub dan permintaan maaf dari wakil kurkulum. kucoba mengingatkan bahwa tatap muka 2 jam layanan klasikal pada setiap kelas sesuai dengan permintaan dan Permen yang ada. Hanya permohonan ku pada pihak sekolah dan juga siswa doakan saya sehat tetap sehat dan selalu bersemangat . 
Hari ini diawal semester genap aku menyelesaikan 48 jam pertama minggu ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar