Selasa, 10 Januari 2017

Tentang Remaja


Bercerita tentang remaja selalu menyenangkan . satu masa dalam fase kehidupan manusia yang sering diperbincangkan . Dalam kegiatan seminar atau buku oleh ahli psikologi disebut sebagai suatu masa yang sangat membingungkan . Bahasa abgnya galau . Gimana gak galau secara fisik ada yang berubah dari postur tubuh individu di masa remaja .
Perubahan tinggi dan berat badan akan berdampak pada penampilan fisik remaja .
Sebagai konselor tak jarang menjumpai masalah klien remaja yang mendamba postur tubuh ideal .
Untuk remaja putra mulai mendamba tubuh yang tinggi atletis dan memiliki dada bidang akan berteriak panik saat mulai berjerawat . Begitu pun dengan remaja putri postur tubuh semampai , langsing , berkulit putih adalah dambaan remaja putri.
Perubahan fisik yang begitu pesat yang terjadi pada remaja putra dan putri berdampak pada perubahan psikis yan tidak dissadari dan terkadang menimbulkan berbagai konflik .
Sangat berkaitan dengan perubahan fisik , psikis remaja juga sering mengalami masa -masa membingungkan . bahasa gaulnya gaje ( ga jelas)  Emosi yang tak terkendali terkadang bisa sangat manis dan menyenangkan tak jarang amat sangat menjengkelkan dengan pemberontakan dan pembangkangan yang dilakukan . Remaja ingin terlihat wow dipandangan lingkungannya . Dan tak jarang yang dilakukan adalah perilaku wow...pula yang mengarah pada perilaku negatif panik dan tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu adalah ciri-ciri lain remaja. Akan menjadi hal tak menyenangkan bagi remaja apabila terlihat berbeda dengan lingkungan sebayanya.
Apabila hal ini terjadi bersiaplah melihat ekspresei wajah yang akan memancing emosi orang dewasa . Wajah ditekuk sedemikian rupa , bibir yang maju mendahului hidung dan ketika berbicara akan terdengar kata-kata 'tau' ( maksudnya ga tau ).
Beberapa pakar psikologi sepakat menyebut fase yang dihadapi di usia remaja adalah fase yang berat . Berat bagi si remaja berat pula bagi lingkungannya , masa mencari identitas diri, masa memberontak , masa penuh gejolak.
Dalam setiap layanan tatap muka atau layanan klasikal tak pernah bosan untuk mnegingatkan secara umum dalam setiap fase kehidupan ada tugas perkembangan yang harus dituntaskan apabila tak selesai akan menjadi pr di masa selanjutnya.
Dengan memberi contoh pada tugas perkembangan perilaku remaja yang terburu-buru dalam mengambil keputusan saat memasuki masa dewasa akan menjadi hambatan yang akan berpengaruh bagi karir dan kehidupan pribadinya .
Sebagai konselor ada beberapa yang menjadi fokus perhatian ketika remaja tak tak berani mengungkap hal-hal positif tentang dirinya . Hingga harus berulang kali menyampaikan informasikan pada dunia tentang sifat dan perilaku baik dan positif kalian . Yang muncul adalah keraguan dan tak percaya benarkah aku sebaik itu , hal itulah yang diungkapkan siswaku di ruang konseling .
Percaya diri yang kurang dimiliki oleh remaja sering kali malah membuat remaja lebih merasa nyaman dengan predikat negatif. Dan hal ini mengkhawatirkan ku sebagai pendidik saat menyampaikan salah satu materi yang berkaitan dengan pemahaman diri . Kumulai untuk membahas hal-hal positif yang dimiliki oleh remaja
(siswa) jawaban remaja yang membuatku miris kalo yang negatif saya banyak bu . Oh remajaku ketika kami orang dewasa berharap bahwa kalian akan bangga dengan perilaku posistif mengapa kalian malah lebih kenal dan bangga dengan hal-hal negatif ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar