Sabtu, 21 Januari 2017

Kesan Pertama begitu menggoda..

Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda...
Ingat tagline iklan jadul " kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda . Ini terjadi pada ku . 
Di minggu awal semester genap ketika mendapat amanah menggantikan jadwal mengajar rekan yang purna tugas . Memulai dengan perkenalan yang tak biasa. Selama lebih dari 10 tahun menjadi pengajar tetap merasa kurang nyaman saat 36 pasang mata menatapku . Kuganti bentuk perkenalan dengan 'tatap saya, 'pelototin saya ' setelah itu bertanyalah tentang segala hal yang ingin diketahui dari saya . Ucapku di depan kelas sambil berusaha tetap tenang mengatasi grogi. Menunggu 3-5 menit beberapa mengacungkan jari untuk bertanya latar belakang pendidikan , domisili, keluarga dll. Dan berhenti sejenak menjawab ketika pertanyaan berganti menjadi pertanyan tahun kelahiran ( usia ) . Kujawab lantang 17 tahun ...ups semua wajah langsung berubah dan koor kalimat tak percaya langsung berkumandang. Senyum mulai berkembang di beberapa wajah yang tadi memelototin ku dengan sangat serius. Tahap pertama sudah dimulai pencairan suasana sudah terjadi . Pelototan tak lagi dengan tatapan menyelidik namun menjadi tatapan bersahabat . 
Ketika menyampaikan materi kuberi prolog panjang lebar tentang kehidupan . Layaknya guru yang selalu memberi motivasi tambahannya adalah meramu nasehat seperti yang dilakukan seorang motivator agar optimis menghadapi masa depan .
Dan hampir lewat seminggu dari tatap muka pertama bertemulah dengan beberapa siswa yang menunggu jadwal ekskul . Berbondong bondong mereka menghampiri untuk salam sambil mengatakan , " bu saya udah dapat quote yang tepat untuk diri saya" . Senyumku mengembang dan berpikir ingat akan tagline iklan " kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda ........"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar