Rabu, 24 Januari 2018

Quote yang membangun

Memasuki tahun baru dengan memberi layanan materi klasikal quote yang membangun. Tak bertemu selama liburan semester ganjil menantangku untuk membuat materi layanan sesuai tugas perkembangan kematangan intelektual siswa menengah pertama.
Berawal dari refleksi akhir tahun yg kuposting untuk diisi oleh siswa/i ku sebagai data asesmen kebutuhan mereka. Salah satu siswa ada yg mengungkapkan untuk lebih mendalami tentang quote ( kata bijak) . 
Ya mengungkapkan quote memang selalu diucapkan oleh siswa/i ku ketika aku memanggil nama mereka ketika di absen . Bertujuan untuk membakar semangat mereka.Dan beragam quote yg diucapkan . Dari yg berkesan melow mengutip dari judul lagu " nothing gone change my love 4 U " . Quote yang mengutip dari bahasa Inggris " Never give up, always positif thingking, keep smile, juga quote yang dikutip dari peribahasa yang dipajang di sepanjang koridor kelas ( untuk yang ini aku yakin mereka ngintip keluar jendela untuk membaca ) 
Proses kbm yang terjadi di materi ini diawali dengan membagikan beraneka kalimat bijak. Meminta siswa untuk menuliskan quote yg di dapat untuk kemudian memaknai pesan tersirat dari setiap quote. Dan babak yang paling mendebarkan adalah saat siswa mulai terlibat untuk berargumen menyampaikan pendapat nya . 
" Takut salah bu," itu yg diungkap ketika meminta salah satu siswa untuk berpendapat . 
" Saya hargai apa pun pendapat mu, kita sedang belajar. Salah adalah bagian dari proses belajar " 
Bukan hal yang mudah untuk dapat membuat siswa memiliki keberanian menyampaikan pendapat nya . Tahapan selanjutnya yang harus kulakukan setelah mereka mempunyai kepercayaan diri untuk berpendapat adalah mengajarkan cara menyusun kalimat yang efektif sehingga mudah dipahami. 
Dan kegiatan diakhiri dengan kalimat " bu, Minggu depan kita masih bahas tentang quote kan, disertai dengan tatapan mata penuh harap .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar