Jumat, 04 Desember 2009
Hari ini dan 8 tahun yang lalu
Hari ini anakku berulang tahun yang ke 8...permohonan bunda sebagai orang tua adalah semoga Alya Rachmadianty anakku menjadi anak yang sholeha,pintar dan berbakti pada orang tua,guru ,agama dan bangsa.Amin
Minggu, 22 November 2009
Konseli
Dulu waktu saya jadi adik kelas,mana berani saya menatap kakak kelas saya kayak gitu, malah saya pernah disamperin oleh kakak kelas karena saya gak senyum,muka saya ditunjuk-tunjuk.
Yang kamu inginkan apa terhadap adik kelasmu itu? akhirnya konselor buka suara setelah menganalisa keluhan kliennya?
Beberapa hal yang dapat dianalisa oleh konselor atas keluhan dari klien yang datang padanya adalah:
1. Klien pernah mengalami keadaan menjadi korban bullying.dan sekarang dia ingin membalas hal tersebut karena dia sudah menjadi kakak kelas
2. Klien mengatakan jangan suruh saya sabar,konselor berusaha tidak cepat untuk memberi nasehat atas keluhan kliennya.
3. konselor membiarkan klien untuk katarsis dengan cara mengeluarkan kata-kata yang menggambarkan suasana hatinya saat itu
Namun demikian ketrampilan konselor untuk terus menggali akar permasalahan yang terjadi tetap dilakukan oleh konselor .konselor tetap menggunakan beberapa tahapan yang harus dilalui saat proses konseling seperti halnya probe,paraprase,clarification,reflection of feeling,content,summarization dsb.
Sampai akhirnya klien mengatakan beberapa hari kemudian,ibu saya sudah datangi adik kelas saya itu dan saya katakan padanya hal-hal yang membuat saya tidak nyaman saat harus berpapasan dengannya dan saya juga meminta maaf atas sikap saya kemarin terhadapnya sambil tetap mengingatkan hargai saya sebagai kakak kelas.
Konselor menemukan satu hal lagi proses pembelajaran yang baik yang terjadi dalam proses konseling.Selama konseling berlangsung konselor banyak bertanya hal-hal apa yang akan dilakukakannya kepada adik kelasnya dan konselor juga klien mendiskusikan bersama-sama tentang rencana-rencananya apabila dia melakukan sesuatu hal misalnya mencelakakan adik kelasnya itu.Klien sendirilah yang mengambil kesimpulan dan keputusan atas perilaku apa yang akan diambilnya terhadap adik kelasnya itu.
Subhanallah karena Allah juga lah yang mencairkankan kekerasan hati seseorang yang tengah emosi sehingga dapat memilih untuk mengambil keputusan yang terbaik.
Rabu, 11 November 2009
Arogansi Pimpinan
Sementara tidak jarang pemimpin lupa juga dengan tugas pokoknya dengan profesi awalnya sehingga dia dapat berada pada posisi menjadi pemimpin.Jabatan adalah tugas tambahan profesi utamanya seperti awal perjalanan kariernya menjadi guru,dokter,perawat dll.Dan jangan pernah lupakan profesi utama karena saat jabatan berakhir mungkin akan hilang juga sebutan PIMPINAN.
Rabu, 04 November 2009
Tanggung Jawab profesional
Senin, 02 November 2009
Keteladanan tanpa ucapan
Sabtu, 31 Oktober 2009
Aturan dan kreatifitas
Rabu, 21 Oktober 2009
Konselor-konseling
- Pertanyaan terbuka ( probe) untuk tujuan agar klien memahami masalah yang dihadapinya
- Verbal Clarification adalah respon yang dilakukan oleh konselor untuk mengembalikan seluruh pesan yang disampaikan oleh klien
- Minimal Encourage adalah respon non verbal yang dilakukan oleh konselor seperti menganggukkan kepala,tersenyum,menyentuh pundak atau tangan klien.
- Verbal paraphrase adalah respon verbal konselor terhadap isi pesan ( pemikiran )yang disampaikan klien
- Reflection of feeling adalah respon verbal konselor terhadap perasaan klien.Tidak diucapkan oleh klien tetapi konselor melihat perasaan tersebut sedang dirasakan oleh klien
- Verbal Attending summarization adalah kesimpulan respon yang dilakukan oleh konselor terhadap isi pesan ataupun perasaan yang dialami oleh klien
Didalam ketrampilan attending konselor dituntut untuk dapat mengarahkan klien paham akan masalah yang dihadapinya.
Tahapan selanjutnya yang dapat dilakukan oleh konselor dalam proses konseling adalah menggunakan respon verbal influencing yang terdiri dari:
- Verbal Probe konselor membuat pertanyaan lanjutan
- Ability potensial merangsang kesadaran klien akan potensinya
- Direction mengarahkan klien untuk melakukan sesuatu
- Ekspretion of feeling memancing klien utntuk mengungkapkan masalahnya
- Ekspretion of content memberi arahan,pendapat dan saran kepada klien berupa penguatan
- Interpretation memberi makna tersirat antara pesan dan perilaku klien
- Confrontation mengungkapkan ketidakserasian antara keluhan dan tindakan klien dalam pesan verbal maupun non verbal yang ditampilkan klien
- Self Disclosure respon konselor dalam bentuk verbal sharing dan memberi solusi
- Information giving respon konselor dalam bentuk verbal untuk memberi informasi tentang data dll
- Influencing sumarization respon yang dilakukan oleh konselor untuk menyimpulkandan merumuskan keterkaitan respon verbal dalam menelaah pikiran klien.
Ketrampilan tersebut sangat mutlak dipahami oleh konselor agar proses konseling yang dilakukan tidak hanya berbentuk pemberian nasehat.Dan konselor harus memiliki pandangan bahwa klien adalah individu yang sebenarnya mampu menyelesaikan masalahnya tetapi karena keterbatasan pemahaman atau pengalamannya maka klien membutuhkan individu lain yang bersedia mendengar dan memberi arahan dari masalah yang dihadapinya.Tidaklah mudah untuk menjadi konselor yang bersedia mendengar aktif karena konselor tetap manusia biasa yang ingin didengar juga. Tapi kita harus mencoba!!!