Sabtu, 13 Oktober 2012

About Disiplin

Mendengar kata-kata bijak yang diungkapkan di stasiun radio yang ku dengar.Tentang disiplin. Mudah-mudahan tidak salah penafsiran ya , bahwa bagi orang tua zaman kini, harus mulai berpikir tentang penerapan disiplin bagi buah hati kita.Karena displin sama dengan perasaan dicintai apa adanya.
Walau tetap ada aturan dan tahapan perilaku yang harus dilakukan dalam menerapkan disiplin . Tapi menerapkannya juga bukan tanpa ada kesepakatan antara pembuat kebijakan dan pelaksana kegiatan . Disiplin tak akan berjalan dengan baik manakala dilakukan seperti era orde baru berbentuk perintah, perintah dan perintah. Mungkin akan dilakukan oleh si pelaksana tapi dengan rasa keterpaksaan. Dan segala sesuatu yang dilakukan karena terpaksa bukan karena kesadaran dampaknya gak akan baik . Tak akan menetap lama dalam diri si pelaksana. Dan ironisnya urusan disiplin dalam dunia pendidikan tetap dibuat berdasarkan perintah . Tak pernah ada dialog yang dilakukan antara si pengambil kebijakan dan pelaksana kegiatan . Satu hal yang selalu jadi pertanyaan para siswaku adalah kenapa sih bu di sekolah kita gak boleh pake sepatu yang ada warna selain hitamnya. Padahal saya kan waktu beli emang udah ada garis putihnya sedikit. itu kan bukan saya yg buat , tapi pabriknya. Dan biasanya aku menjawab dengan senyuman monalisa.Penuh misteri. Aku pribadi sampai telah berprofesi sebagai pendidik pun tak melihat korelasi antara memakai sepatu hitam dan disiplin perilaku siswa atau aku sendiri saat masih sebagai siswa. Tak pernah diberi penjelasan dengan gamblang bahwa alasan memakai sepatu atau atribut sekolah yang seragam adalah untuk menyeragamkan. Padahal kehidupan era ini...semua serba berwarna. Tak berbatas jarak dan waktu.
Ketika penerapan disiplin hanya dilakukan searah tanpa bertanya kesulitan melaksanakan ,otomatis. tetap akan dilaksanakan tapi dengan keterpaksaan , dan seperti mental bangsa kita untuk urusan mematuhi aturan lalu lintas . Patuh ketika ada polisi dan ketika polisinya tidur malah dilindas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar