Sabtu, 13 Oktober 2012

MLM di Pendidikan

Sambil berjalan pulang bercerita dengan teman sejawat tentang kegiatan KBM yang kami lakukan dengan siswa. Ada beberapa hal yang jadi pemikiran . Proses kbm yang dilakukan dengan siswa adalah kegiatan yang melibatkan fisik dan psikis siswa dengan kehadirannya bersama guru dalam kelas atau ruangan belajar lainnya.Perbincangan diawali dengan kegiatan yang dilakukan oleh salah seorang rekan ku yang sangat baik secara administrasi . Semua serba taat aturan rapi dan memiliki bukti fisik. Apabila ada pemeriksaan dari pengawas maka yang akan disodorkan adalah segala kegiatan yang ditulisnya dalam bentuk catatan yang rapi. Tapi aku tak pernah mendengar bagaimana kedekatannya secara psikis saat kbm berlangsung. 
Aku ingat salah satu hadist yang mengatakan ilmu yang bermanfaat adalah pahala yang tak akan berhenti mengalir saat kita meninggal , apakah ilmu yang hanya sekedar mengajarkan tentang berbagai informasi ilmu pengetahuan tanpa disertai dengan kedekatan psikis. Dan aku juga jadi berpikir ilmu yang bermanfaat dalam mengajarkan disertai dengan contoh serta keteladan akan lebih efektif dibandingkan dengan hanya dalam bentuk laporan tertulis yang rapi. Multi level marketing dalam pendidikan adalah manakala ada sambung rasa antara guru dan siswanya saat kbm berlangsung .Fisik dan psikis berada dalam situasi yang sama. Kalo bicara dari sudut pandang agama mungkin urusan pahala tadi 
Dan untuk penilaian bukan hanya pimpinan saja yang berhak menilai segala tindak tanduk kita sebagai guru.Siswa yang kita bimbing pun berhak menilai kok.Apabila hanya mengharapkan penilaian dari atasan , gak menutup kemungkinan atasan juga pengennya hal-hal yang baik saja yang didengar.
Jadi ingat dengan pesan yang dikirim siswaku yang sekarang sudah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi , Inget banget dengan kata -kata ibu , " ini hatiku, hati putih nurani, di dalam hatiku terdapat sifat-sifat baikku, sifat baik itulah yang harus terus dimiliki dari sekarang hingga nanti ....di akhiri dengan Amin.Sangat suprise dengan ingatannya tentang hal yang aku ajarkan dan sampaikan saat kbm berlangsung di kelas . Nah bukti fisik seperti apa yang harus ditunjukkan bahwa yang kita ajarkan kepada siswa memiliki kesan yang mendalam bagi dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar