Sabtu, 06 Oktober 2012

Andai aku menjadi 2

Masih tentang materi andai aku menjadi. Sedihnya saat memasuki episode yang akan membuat siswa-siswa beragumentasi dengan pendapatnya. Mendadak suaraku hilang dan berubah menjadi parau.Jadilah minggu ini minggu sepi tanpa bisa berkomentar menimpali jawaban siswa yang terkadang tak terduga dan membuat aku jadi tersenyum.Atau jadi tak bisa mencuci otak mereka ( bahasa ku) dan ungkapan itupun diucapkan oleh siswaku, ibu ya paling jago kalo disuruh nyuci otak orang.Minggu ini minggu merenung disuruh mengurangi dosa mungkin. Karena sudah terlalu over berbicara. Karena ternyata yang dicuci otaknya masih juga melakukan hal yang sama. Kalau dikatakan tak berpikir tak mungkin karena Allah sangat penyayang dan pemurah setiap manusia yang diciptakan dan dilahirkan oleh ibunya pasti dikaruniai otak untuk berfikir. Namun pada kenyataannya seringkali fungsi otak tak lagi digunakan untuk berpikir positif dan berguna untuk kemaslahatan masyarakat . Tapi sedikit dibelokkan untuk kepentingan diri sendiri. Cari cara yang paling enak dan paling nyaman . Gak perduli dengan tanggapan dari lingkungan.Dan yang kulakukan saat memberi materi “Andai aku menjadi” adalah mengajarkan siswaku untuk berpikir menyelesaikan permasalahan dan mengungkapkan pendapat dengan benar memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Disertai dengan sopan santun dalam berbicara.Tak semudah teori berdiskusi manakala mereka sudah mulai terpancing untuk mengungkapkan pendapatnya akhirnya yang terjadi seperti mendengar dengungan suara lebah ….ngung….ngung…ngung, semua ingin berbicara. Dan jadilah aku bingung sendiri mo dengerin yang mana. Apalagi aku sedang terserang serak, jadilah aku semakin tersiksa dan geleng-geleng kepala. Sampai aku mengumpulkan suara dan berkata kepada siswaku. Bolehkah saya membuat make a wish pada kalian , semua mengangguk mungkin karena kasian mendengar suaraku yang parau , walau ada juga yang mengatakan suara ibu seksi kok. Make a wish yang pertama adalah sayangkah kalian dengan saya,mungkin terdengar sayup-sayup di telinga mereka dan mantap mengatakan sayang bu.Yang kedua adalah apabila kalian sayang dengan saya, relakah kalian melihat saya harus berteriak untuk mengarahkan diskusi ini, semua menggeleng. Dan make a wish yang ketiga adalah saya ingin diskusi ini tetap berjalan dan tunjuk salah satu dari kalian untuk memandu diskusi ini.So far so good ….diskusi berjalan , siswa yang ditunjuk untuk jadi pemandu melakukan tugasnya dengan baik dengan style mereka. Alhamdulillah dan sekarang saatnya memohon agar suaraku bisa kembali pulih dan dapat beraktifitas. Karena suara adalah modal yang paling berharga bagi ku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar