Sabtu, 29 September 2012

Andai aku menjadi

Seperti judul tayangan di salah satu stasiun tv swasta “ Andai aku menjadi” . Sedikit terinspirasi dari tayangan itu memang benar. Tapi tak mungkin juga aku mengajak siswa bimbingan ku ke salah satu lokasi “andai aku menjadi itu. Karena akan mengganggu jadwal dan memakan banyak waktu.Walau mungkin manfaatnya akan lebih terasa. Dan si siswa akan mendapat pengalaman hidup dan belajar dari kehidupan nyata.Dan jadilah kegiatan yang kulakukan dengan siswaku minggu ini adalah berandai –andai. Itu yang kukatakan kepada siswaku sewaktu akan memulai belajar. Terlihat binar di mata mereka disertai dengan celutukan , andai saya jadi model bu….andai saya jadi fotografer bu dan beragam celetukan lainnya.Tahap awal berhasil menarik perhatian mereka , kalo pake istilahnya pak Munif Chatib ,’pengarang buku trilogy sekolahnya manusia, gurunya manusia dan orang tuanya manusia memasuki zona alfa . Membagi mereka dalam beberapa kelompok selanjutnya mulai berandai-andai. Kelompok yang menjadi pemimpin suatu negara, kelompok yang menjadi mentri kesehatan , kelompok yang menjadi mentri pendidikan , kelompok kepala sekolah , kelompok guru, kelompok orang tua, dan kelompok milyuner.6 kelompok selain milyuner menduduki posisi yang dilematis. Walau jadi pemimpin suatu negara, mentri kepala sekolah , guru dan orang tua tetapi berada dalam lingkungan negara yang miskin disertai dengan problematika yang berbeda. Dan terdengarlah keluhan mereka ketika ku minta untuk menulis peran dan problematika yang akan meraka selesaikan. Ya ampun bu , kenapa harus jadi presiden di negara miskin sih, kutanggapi lah celetukan itu dengan berkata” kemiskinan akan membuat orang berusaha untuk merubah kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar