Minggu, 16 September 2012

Question Study Have


Judul tulisan itu sama dengan judul materi yang jadi pembahasanku di minggu bulan September ini.Mengawali dengan bertanya kepada siswa, pernahkah terbersit pertanyaan apa sih pentingnya belajar pelajaran ini dan itu untuk saya.Kalo bahasa facebooknya ‘ apa yang ada dalam pikiran anda ‘. Dan pertanyaan mereka adalah apakah ibu akan mengadukan apabila kami mengeluarkan uneg-uneg tentang cara guru mengajar? Aku meluruskan pertanyaan mereka dengan jawaban , saya tidak minta kalian untuk membahas tentang cara mengajar guru . Namun yang saya minta adalah apakah pernah terpikir dalam diri kalian tentang manfaat apa yang bisa saya dapat dari belajar tentang hal ini dan itu dalam pelajaran tertentu. Setelah mendapat penjelasan seperti itu barulah mereka memahami maksudku dengan memberi materi seperti itu. Meski aku berpikir juga, ada apa kok mereka begitu khawatir aku akan membocorkan uneg-uneg mereka. Bukankah mereka yang seharusnya dilayani untuk mendapat informasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Tapi ya sudahlah….tak mungkin aku merubah situasi yang sudah menjadi hal yang biasa. Kalau pinjem istilah rekanku, udah budaya….walaupun bukan budaya yang baik ya. Dan ternyata memang menarik saat kegiatan itu dilakukan .Walau dari semua kelas yang aku ajar selalu muncul pertanyaan sejenis.Seperti apa gunanya saya belajar administrasi padahal cita-cita gak mau jadi akuntan. Atau pertanyaan lain untuk apalagi kita masih harus belajar bahasa Indonesia padahal kita tinggal di Indonesia. Dan pertanyaan yang sama menggelitiknya. Kenapa harus belajar sejarah itu kan sudah lampau . Setelah aku membaca pertanyaan yang mereka ajukan kemudian aku mengumpulkannya lalu meminta kelompok lain untuk menjawab pertanyaan dari kelompok yang lain. Memang harus banyak yang dianalisa dari tugas yang dikerjakan oleh siswa. Antara pertanyaan dan jawaban apabila dianalisa akan menjadi bahan menarik untuk diteliti. Pada kegiatan pertama yang mereka lakukan saat mereka harus membuat pertanyaan adalah aku memperbolehkan mereka memakai bahasa style mereka, dan pada kegiatan kedua ketika mereka sudah membuat beberapa pertanyaan., aku mengumpulkan lalu meminta mereka menjawab pertanyaan teman-temannya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar . Dan keluhan yang disampaikan adalah bu, susah kalau harus pake bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari situlah akhirnya aku memberi jawabannya gimana masih penting gak belajar bahasa Indonesia? Menjadi materi yang menurutku menarik manakala aku membahas dalam suatu kegiatan diskusi pertanyaan yang diajukan juga jawaban dari teman kelompok lain. Pertanyaan ku pada kelompok penanya adalah apakah puas dengan jawaban dari temannya. Ketika penanya mengatakan puas aku yang balik bertanya tak adakah perlawanan . Coba dipikir kembali apakah jawaban yang diberikan sudah menjawab pertanyaannya. Akhirnya terjadilah dialog dan diskusi panjang untuk satu pertanyaan . Karena kadang kala beberapa siswa yang ikut berperan dalam menjawab pertanyaan dengan melebar menyebut contoh-contoh lain. Dan ketika sudah ramai dengan diskusi yang panjang dan hampir mendekati debat kusir seperti dalam acara Jakarta Lawyersnya TV One barulah aku menengahi dan menyimpulkan untuk mereka dapat menarik benang merah dari pertanyaan dan beberapa jawaban teman-temannya. Meski waktu 2 jam pertemuan ternyata tak semua pertanyaan dapat dibahas. Akhirnya di pertemuan berikutnya ketika harus kembali bertatap muka dengan penuh semangat kembali mereka menagih,” bu, hari ini masih melanjutkan debatnya kan?” Mungkin ini merupakan salah satu materi yang menarik menurut mereka karena diajak untuk mengungkapkan pemikiran dengan bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar