Minggu, 28 Oktober 2012

Johari Window

Teori yang dikemukakan oleh Joseph Luth dan Harry Ingham pada tahun 1955, membahas tentang 4 area diri. Area open pada wilayah  terbuka ini semua yang diketahui oleh individu juga diketahui oleh individu lain. Aku sebagai guru pembimbing memberi contoh diriku sendiri, lihat saya. Siapa saya , semua menjawab , bu Ninik , apa yang kalian ketahui tentang saya. Sebagian besar menjawab dengan jawaban fisik yang terlihat, wanita, ibu-ibu dan selalu memakai baju seragam saat mengajar.Dan aku menghentikan contohku dan berkata saya kok dari tadi belum mendengar bahwa kalian menyebut saya 'cantik'. Langsung saja teriakan huuuu....terdengar membahana diseluruh ruang kelas. Begitu biasa yang terjadi apabila kelas sudah mulai serius aku menimpalinya dengan sedikit intermezzo.Ternyata ungkapanku untuk menanyakan pengakuan siswaku atas 'kecantikan fisik ' dipahami menjadi penjelasan untuk membahas tentang area open.
Area ke-dua adalah area Blind area buta , area blind adalah area yang si individu tak tahu bahwa individu lain atau lingkungannya mempunyai penilaian tertentu tentang diri kita. Kembali aku mengambil contoh diriku sendiri. Saya tak pernah tahu bagaimana penilaian kalian tentang saya, mungkin saja saya geer mengatakan saya orangnya asyik dan ramah tetapi tak menutup kemungkinan ada diantara kalian mempunyai penilaian bahwa saya judes. 
Area ke-tiga adalah area Hidden area tersembunyi ,hanya kitalah yang tahu tentang sesuatu yang kita simpan  pada penjelasan area ini menarik sekali manakala setelah kegiatan penjelasan selesai kulakukan . Salah satu dari siswaku menanyakan contoh area hidden adalah " hanya saya yang tahu dimana letak panu saya" , dan saya mengangguk bahwa tidak selalu penjelasan dalam bentuk sifat. Terimakasih atas pemberian contoh yang sangat masuk akal .
Dan area yang ke-empat adalah area unknow dan aku lebih senang menyebutnya area potensial , saya tak tahu dan orang lain juga tak tahu. Tapi hal itu ada dalam diri setiap individu . Tatapan berbinar saat aku selesai menjelaskan tentang teori Johari window pada pertemuan minggu ini .Dan menjadi antusias karena setelah itu aku memberi pancingan dengan pertanyaan , abis ini kita bermain mau? Dan serempak menjawab mauuuuuu. Hingga akhirnya aku membagikan lembaran  kertas untuk setiap siswa yang berisi permainan cari kata . Asyik mencari disertai dengan celotehan , mana sih , kok gw gak ketemu kata-katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar