Sabtu, 03 November 2012

Pemimpin tidak pernah salah

Rasanya belum lama pernah menulis tema tentang pemimpin ideal . Dan ternyata ideal baru sekedar angan -angan kosong. Mimpi yang tak tau kapan akan terwujud. Pemimpin tetaplah manusia biasa.Sudah pasti diawal kedatangannya janji manis yang diucapkan disertai dengan sikap yang membuat bawahannya berdecak kagum. Biasanya seiring berjalannya waktu mulailah tampak yang ada dalam dirinya sebagai manusia . Memperlihatkan perilaku arogan , tak mau dibantah seakan-akan tak pernah melakukan kesalahan .Padahal apa sulitnya ya mengakui sedikit kealpaan yang dilakukan. Karena bagi bawahan seperti saya , saya paham betul kok bahwa pemimpin ku masih manusia biasa .Mahluk ciptaan Allah yang paling sempurna dengan segala kelebihan dan kekurangannya . Dan minggu ini ada pelajaran berharga yang saya dapat dari pemimpin yang memimpin saya., tentang konsistensi dalam bersikap . Tentang perlunya keseimbangan antara pikiran , ucapan dan perasaan . Dan memang yang paling nyaman menjadi orang yang diatas . Saat menunjuk kebawah tak harus mengeluarkan energi berlebih karena biasanya didukung dengan 'kekuasan ' yang sedang dimiliki.Bisa belajar juga kaitan antara pemimpin dan birokrasi  dengan loyalitas. Walaupun jadi bertanya juga , " apakah loyalitas pekerjaan juga harus berarti loyal dengan apapun perilaku pimpinan? Mungkin pertanyaan ini akan butuh waktu lama untuk mendapat jawaban pasti. Loyal dengan pekerjaan atau loyal dengan pimpinan. Belum lagi apabila berhadapan dengan penilaian pimpinan yang subjektif . Suka-suka gue dong kan pimpinannya gue. Dengan membawa kata-kata sakti " pimpinan tidak pernah salah" waduh sambil nepuk kepala nih. Dan terlontarlah komentar dari salah seorang rekanku , walau pimpinannya salah tetap gak boleh disalahin? Dan jawaban rekanku yang ditanya adalah begitulah sistem birokrasi di negeri tercinta kita ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar