Sabtu, 30 Mei 2015

Ketika Kompetisi tak menjadi jawaban

Abad milenium sudah dimasuki mendekatkan jarak dan kebutuhan . Ketika dahulu berpikir tak mungkin , saat ini berpikir tak ada yang tak mungkin . Meski harus sedikit geleng-geleng kepala dengan kemajuan zaman dan tehnologi yang sering tak diimbangi dengan kebijaksanaan dalam menggunakannya . Kemajuan tehnologi yang disalah gunakan membuat miris dan berpikir mundur untuk tak menggunakannya adalah hal yang dilakukan . Hingga akhirnya memaksa generasi tehnologi digital untuk mengikuti pola pikir membuat api dengan cara menggosok -gosokkan benda agar menimbulkan panas sehingga timbullah percikan api . Aiiih balik ke zaman batu lagi dong...
Sering  kukemukan pada siswaku kehidupan masa depan tak mungkin bisa sendiri , semua butuh kerjasama . Era kompetisi tak lagi menjadi jawaban . Bersinergi dan kolaborasi adalah jawaban atas tantangan era milenium ini . 
Dan ketika aku menyampaikan tantangan kepada siswaku untuk jadi penemu dalam materi " Temuanku " . Dari tiap kelas aku mendapat 30 lebih gagasan gila . Yang selanjutnya ku giring mereka untuk bersinergi dan kolaborasi dengan teman-teman yang se ide dan dapat mewujudkan gagasan tersebut . 
Mengamati mereka menyampaikan gagasan tanpa ragu karena tak disalahkan dan dinilai gagasannya aneh. Dengan kata-kata yang selalu kudengungkan " Tak ada yang tak mungkin ". 


                                          Ketika siswa antusias menuangkan gagasannya

Mengajak siswaku untuk bekerjasama dengan teman-teman dan menjadi team yang solid . 
Presentasi generasi digital yang luar biasa gabungan tehnologi dan daya imajinasi . 



Ketika dunia pendidikan masih mendengungkan kompetisi pribadi atau lembaga kenyataan di dunia nyata     ( dunia kerja ) tak lagi semua bisa dilakukan sendirian .
Ingat dengan ungkapan Gurunya Manusia di Seminar Tips memilih SMA abad 21 , tak perlulah sekolah membuat kolam renang apabila bisa menjalin kerjasama dengan klub yang akan lebih mudah mengarahkan bakat dan kemampuan siswanya . 
Ya sinergi dan kolaborasi jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar