Sabtu, 02 Mei 2015

Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan

Awal bulan Mei adalah hari bersejarah bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Hari lahir Ki Hajar Dewantara di tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasional . 
Ki Hajar Dewantara yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat lahir dan besar dalam lingkungan kraton Yogyakarta tak membuatnya menjadi sombong , ia sangat sederhana dan peduli dengan rakyatnya . Kepeduliannya di buktikan dengan mengganti namanya saat ia berusia 40 tahun menjadi Ki Hajar Dewantara dengan tujuan agar ia bebas dekat dengan rakyatnya . 


Ki Hajar Dewantara yang aktif dalam organisasi sosial politik pernah bergabung dalam organisasi Boedi Oetomo bersama dengan Douwes Dekker dan Dr. Cipto Mangoenkoesoemo yang menggugah persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara . 
Semangat Ki Hajar Dewantara yang terus bergelora membuatnya mendirikan perguruan yang bercorak nasional yaitu Perguruan Nasional  Taman Siswa . Melalui Perguruan Taman Siswa dan tulisannya yang berbau propaganda Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia . 
Pendidikan Indonesia tak akan pernah lepas dari perjuangan Ki Hajar Dewantara . Semboyannya yang kemudian dijadikan semboyan Kementrian Pendidikan begitu dalam maknanya .

 " Ing Ngarso Sung Tuladha ,Di depan menjadi Teladan
  Ing Madyo Mangunkarso , Di tengah membangun semangat
 Tut Wuri Handayani " ,  Dari belakang memberi dorongan 





Masih teramat panjang jalan untuk mewujudkan cita-cita perjuangan Ki Hajar Dewantara . 
Mewujudkan generasi bangsa yang kuat , mandiri dan berkarakter Pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar