Sabtu, 02 Mei 2015

Temuanku

Sampai juga di materi  akhir layanan klasikal . Walau sempat terseok-seok mengejar dan sedikit memarahi siswaku/iku yang kebawa santai karena terganggu beberapa KBM yang tak efektif .
Dengan kalimat ampuhnya " belum hafal bu ...hih menjengkelkan .
Maksud hati memantik rasa penasaran dengan memberi tugas membaca ternyata tak selalu tepat sasaran . Yang menakutkan bagi mereka ketika tak ada nilai , padahal tujuan jangka panjang dari belajar tak sekedar hasil di selembar kertas . Atau caraku yang tak menyentuh kebutuhan mereka ???
Merenung dan tersadar dengan tweet @anakjuga manusia : awalnya anak suka sekali belajar karena bisa pilih ingin belajar apa dengan cara bermain, lalu semua berubah ketika orang tua , guru memutuskan anak harus belajar apa dengan cara orang dewasa .
Iya benar juga pikirku , dari banyak referensi buku yang kubaca masa anak adalah masa eksplorasi berbagai hal yang ingin  diketahuinya .
Namun apa yang dilakukan orang dewasa ( guru dan orang tua ) dengan dalih untuk kepentingan masa depan sang anak membunuh kreatifitas dan memacu kognitif untuk mendapatkan kebanggaan di selembar kertas .
Dan jadilah aku sebagai guru pembimbing di jenjang sekolah lanjutan pertama sering mati gaya ketika siswa/iku tak ada gregetnya untuk aktifitas belajar .
Memutar otak dan belajar kembali membuka referensi berbagai bacaan agar tak tertinggal dengan kemajuan dan kebutuhan siswa terus kulakukan . 
Hingga menemukan satu buku inspratif karya Prof Rhenal Kasali Self Driving , terinspirasi dari satu bab yang membahas tentang latihan cara berpikir kreatif.



Ku kondisi kan kelas ku adalah kelas penemu , ku sampaikan tentang berbagai hal yang saat ini dinikmati berawal dari keanehan di masa lalu . Keanehan itu dulunya masih berupa gagasan. Gagasan -gagasan gila kataku....memancing keluarnya gagasan gila dari pikiran siswa yang terbiasa disuapin bukan hal mudah . Hingga di pertemuan pertama untuk membahas materi temuanku ini ada 36 gagasan dari tiap kelas yang kubimbing , woooo bayangkan gagasan gila siswaku yang suatu saat akan terwujud nyata.
Penasaran menantikan minggu-minggu selanjutnya ketika mereka mempresentasikan gagasan-gagasan tersebut .
Coming soon kataku menutup materi hari itu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar