Minggu, 08 November 2015

Coming Soon

Coming Soon aku beri judul tulisan itu karena aku memang menantikannya .
Seperti biasa hampir 3 tahun kebersamaan dengan siswa/i ku , kuberi mereka tantangan di akhir semester ganjil untuk penampilan drama di halaman sekolah .
Proses persiapan dilakukan sebulan sebelu penampilan . Meski di awal tahun ajaran seringkali meminta bocoran tema drama yang akan ditampilkan. Jawabanku biasanya hanya tersenyum nanti saatnya pasti saya sampaikan tema besarnya kataku . 
Akhir bulan Oktober kusampaikan tema drama tentang semangat kepahlawanan , mengambil moment hari pahlawan. Negosiasi dan keluhan bergema di ruang kelas , bebas dong bu  jangan tentang pahlawan . Kupahami masa remaja yangs saat ini sedang mereka jalani membuat mereka memiliki imajinasi sendiri tentang dunia mereka.Tak harus kaku menafsirkan tentang semangat kepahlawanan kataku . Mulailah memikirkan skenario , poster, peran , editing dan promosi sahutku lagi . 
November Rain seperti judul lagunya Jon Bon Jovi menantikan penampilan mereka H2C harap-harap cemas. Pertama karena sekian lama musim kemarau dan di bulan November hujan mulai turun membawa keberkahannya dan cemas ketika jadwal tampil nantinya bersamaan dengan turunnya hujan . 
Mendampingi mereka berlatih memberi energi dan mengulik memory 3 tahun yang lalu. 
Teringat 3 tahun yang lalu ketika memulai ide dan mewujudkan dalam drama , riuh dan paniknya tapi menyimpan kenangan terindah yang sulit kuhapus . 
Kesepakatan skenario dan pembagian peran sesuai skenario merupakan proses toleransi saling menghargai diantara mereka . 
Menggali kecerdasan Visual -Spasial untuk dituangkan dalam poster, memanfaatkan kemampuan Linguistik untuk membuat naskah drama juga mengamati kemampuan siswa / iku untk mengorganisir teman-temannya merupakan hal yang masuk dalam pengamatan interpersonal . 
Coming Soon ...tak sabar menantikan penampilan mereka . Kunikmati setiap proses dan keluhan yang disampaikan . Ketika aku berada dalam salah satu kelas untuk melihat latihan  tak jarang kelas yang lain merasa iri  dan berucap "gitu deh kelas kita dcuekin "  


                                         Proses Pembagian peran berlangsung dengan demokratis





                                                 Latihan dialog berlangsung dengan canda tawa yg akrab

2 komentar: