Minggu, 22 November 2015

Tak Selalu Sesuai Harapan

Menyatukan beberapa pikiran dan keinginan tak selalu sesuai rencana.
Sedikit kaget dan terperanjat saat membaca keluhan salah satu anak didikku yang merasa kegiatan drama adalah kegiatan yang cuma buang -buang waktu saja.
Menarik nafas panjang dan coba tenang menanggapinya ...tenang...tenang.
Berpikir dan merenung banyak banget ya tantangannya hanya untuk menggali kreatifitas siswa/i ku .
Di mulai dari diobrak-abriknya rencana program yang sudah dijadwal dari tahun ajaran baru mendadak kacau karena tuntutan kognitif sistem pendidikan yang gak jelas .
Ya sudahlah ...jabatan tak menjamin punya kuasa ternyata ...
Harapan besar bisa mengajarkan tentang toleransi , kematangan emosi , keberanian dan kreatifitas melalui kegiatan team work drama butuh kesabaran dan kebesaran hati pula untuk mengambil sikap bijak dan tenang .
Sistem pendidikan yang begitu mengagungkan kognitif menggiring pelakunya untuk selalu berkompetisi . Mengabaikan dunia sudah berubah butuh kerjasama bukan lagi kompetisi.
Bereaksi untuk menyampaikan uneg-uneg dengan cara yang santun dan mendapat arahan untuk mengubah jadwal dan tetap memotivasi agar tetap berkreasi kujawab dengan senyuman
 'kita lihat saja nanti apakah semangatku masih full batere atau butuh doping semangat ' 
Ketika berpikir ngapain repot-repot ...toh semua nyaman maka kreatifitas dan idealismeku yang menyusut dan mungkin akan hilang ,. Walau tantangan untuk menggali kreatifitas dan semangat bukan hal yang mudah untuk terus dipelihara . Dan ketakutan terbesarku ketika kedua hal itu hilang dariku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar