Sabtu, 13 Mei 2017

Guru kencing berdiri murid kencing berlari ..

Pepatah yang berbunyi guru kencing berdiri murid kencing berlari mungkin tak akan pernah usang di telan zaman . Mengandung makna yang dalam untuk direnungakan bahwa guru bagaimana pun tindak tanduknya akan tetap menjadi pengamatan dalam berprilaku.. 
Walau secara kebiasaan remaja kekinian mulai jarang menggunakan pepatah dalam ungkapan lisan maupun tertulis. 
Berkaitan dengan pepatah tersebut menurutku ada kejadian lucu dan tak pantas dicontoh sering terjadi disekitarku dianggap hal yang wajar. 
Di jam pelajaran terakhir kegiatan belajar mengajar ketika aku baru saja menyelasaikan santap siangku dan hendak mencuci tangan berpapasan dengan seorang rekan yang sudah turun dari kelas yang diajar sambil memarahi siswa yang mengikutinya dari belakang ," kok kamu sudah turun kan belum bel ?" . Aku cuma terbengong mendengar hardikkan rekan tersebut ke beberapa siswa yang mengikutinya. 
Buru-buru jiwa detektif ku bekerja dan melihat jadwal pelajaran melihat jam dan mengingat siswa tersebut dari kelas berapa . OMG ...menirukan ungkapan abg . Rekan tersebut masih memiliki waktu di kelas sekitar 15 menit dan dia meninggalkan kelas sebelum waktu berakhir plus memarahi siswanya pula. 
Adegan tak layak ditiru menurutku ...Hingga terlintas pepatah Guru kencing berdiri murid kencing berlari . Bukan berarti setelah menjadi guru tak lepas dari pengamatan dan penilaian kan ? Pengamatan dan penilaian negatif yang tak tertulis yang nantinya bisa dicontoh oleh remaja yang akan membahayakan tumbuh kembang mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar