Sabtu, 20 Februari 2016

Debat aktif tentang "Nyontek "

Mengawali bulan Februari dengan membahas materi yang sangat dekat dengan kehidupan siswaku. Keuntungan dan bahaya menyontek.
Beberapa penolakan dan pengingkaran ketika ada dalam kelompok yang langsung kubagi menjadi 2 kelompok besar berdasarkan posisi tempat duduk mereka. " bu , saya pindah ke kelompok yang pro nyontek ya " kuangkat alis mataku , menjawab sambil nyengir , "ah ibu kaya gak tau saya aja . "
Begitulah dialog singkat yang terjadi sebelum kegiatan debat dimulai .
Menolak berada di kelompok yang kontra nyontek karena merasa selama proses kbm tak selalu jujur dalam menjawab soal-soal tertulis saat ujian .
Jadi ingat meme tentang nyontek



ya benar sekali ,memang seperti itulah yang terjadi .
Ketika debat dimulai kelompok kontra (menolak) nyontek berargumen nyontek itu gak baik dan dosa juga merugikan diri sendiri dan beragam argumen yang idealnya memang tak dilakukan .
Tak kalah sengit argumen balasan dari kelompok pro nyontek , merugikan bagaimana justru kita dapat nilai bagus dan itu kan bisa bikin orang tua bangga . wow argumen yang menamparku sebagai orang tua juga guru.
Ketika nilai dan peringkat lebih dihargai dibanding proses kbm yang jujur maka akan terus berulang kebiasaan buruk menyontek .
Dilema ketika berusaha memberi nasehat untuk mengharamkan menyontek argumen kritis diungkapkan oleh siswa/iku " Kalo kita jujur dan dapat nilai jelek jangan dong kami dimarahin , hargai hasil usaha jujur kami . Ups tak mampu berkata apa lagi menyanggah

Mawar Merah dan Pink

Sering memberi kode ketika melihat penjual kembang mawar berdiri menantikan pembeli di malam Minggu ketika sedang menyusuri jalan margonda. Sambil mata melirik kiri dan kanan.
Beberapa kali melihat penjual kembang tersebut dan selalu memberi kode hingga berpikir tak peka , saat malah berucap " emang sekarang tanggal berapa , ada moment apa ? "
Sambil jengkel kujawab asal .." Holoween "
Cekikikan geli terdengar dari bangku belakang disertai celetukan , " ih ayah , bunda udah ngode juga "
Berlalu dan tak berharap lagi dengan mawar merah atau pink.
Hingga tak diduga saat menunggu berdoa bersama untuk memperingati pertambahan usia , tunggu ayah juga punya kado untuk bunda ...bergegas mengambil mawar merah dan pink yang sudah disiapkan .
HEhe... makasih ayah . lop U

Minggu, 31 Januari 2016

Memaknai rezki

Pertambahan usia selalu dibarengi dengan berbagai peristiwa .
Terkadang menyenangkan adakalanya mengharu biru perjalanan hidup .
Hingga mempertanyakan pada sang pencipta , 'kenapa aku , apa salahku '.
Aku lakukan semua perintah tetapi kenapa aku ...???
Jawaban tak serta merta langsung diterima , layaknya seperti kuis .
Coba lagi anda belum beruntung saat mendapat cobaan yang dianggap gak adil berdasarkan kacamata manusia .
Layaknya kodrat manusia semua yang didapat inginnya yang terbaik , terhebat , terenak , terbagus, terindah dan semua serba ter....
Walau minim rasa syukur ..menuntut dan menuntut saja yang bisa dilakukan .
Terbersit pemikiran negatif tentang adil versi manusia .
Ketika kesadaran akan rasa syukur menghampiri .
Tuhan bekerja dengan banyak cara agar hambanya mampu memaknai rezki anugrah dan keberkahan hidup . Fa bi ayyi aalaa-i Rabbikuma tukadziban .
Nikmat Tuhan tak selalu dalam bentuk kesenangan dan kelapangan .
Tapi Tuhan memberi anugrah akal dan rasa untuk bisa mensyukuri dan mengambil hikmah atas setiap kejadian yang menimpa manusia.

17 tahun bu...???

5 hari menjelang hari jadiku siswaku bertanya . " ibu mau ulang tahun ya ?".
Aku tak menjawab dan hanya tersenyum .
Dilanjutkan dengan pertanyaan dari siswa yang lain , " yang keberapa bu " .
Kujawab spontan seperti yang sudah -sudah ketika ada pertanyaan yang menanyakan usiaku
17 tahun kataku sambil berlalu di kerumunan tangan-tangan yang menyalamiku.
Ditahan oleh seorang siswa yang cukup kritis menanggapi jawabanku yang asal-asalan .
"17 tahun kok udah punya anak 2 bu "
ups...salah jawab nih ....

Iklan bahaya rokok

Mengakhiri KBM di bulan Januari 2016 dengan materi membuat iklan bahaya rokok .
Minggu awal melakukan debat aktif tentang rokok dan bahaya nya , seru rame dengan argumen-argumen khas remaja yg sering kali memaksa pendengar untuk memahami argumennya dengan kalimat "ya gituu deh "
Setelah itu menjelaskan tentang bahaya rokok dengan tayangan power point dan video dampak rokok terhadap kesehatan . 
Dan masih melanjutkan materi rokok dengan memberi tantangan membuat iklan tentang bahaya rokok . 
Memberi kebebasan tiap kelompok untuk memilih anggotanya , mendiskusikan materi iklan yang akan ditampilkan .
Beragam pernyataan yang keluar dari lisan mereka ,mau bikin drama , gambar karikatur , video , nyanyi, puisi dll. kuanggukkan kepala menyetujui ide gagasan yang disampaikan . 
Dan hari ini ...tak sabar ingin menyaksikan mereka berkreasi . Ketika pagi hari bertemu sebelum KBM di mulai ternyata sama antusiasnya aku dan mereka 
" Bu , nanti ibu masuknya jangan terlambat ya ," " siap , laksanakan , jawabku sambil tersenyum


 Presentasi iklan bahaya rokok 








 

Rabu, 27 Januari 2016

Galeri Belajar

Mengajak belajar kepada peserta didik bukan pekerjaan mudah. Malas-malasan wajah cemberut keluhan capek ,bosan gak ngerti gak bisa adalah hal yang biasa diungkapkan oleh siswa/iku. Generasi digital aku biasa menyebut mereka . Metode catat buku sampe abis tak lagi bisa digunakan.
Ajak mereka browsing tentang sesuatu pasti matanya langsung berbinar , teriakan halus terdengar " hore ...boleh buka HP"
Saat menyusun rencana pembelajaran untuk KBM tahun ajaran ini , mengumpulkan berbagai data informasi tentang karakteristik kelas , kebutuhan dan moment yang akan dihadapi oleh siswa/i bimbingan ku.
Memodifikasi antara kebutuhan siswa , tujuan memberi materi dan metode mengajar yang akan digunakan . Membaca banyak buku rujukan adalah kegiatan rutin menjelang pengerjaan RPP satuan layanan .
Hingga keputusan ku bulat menggabungkan dua metode mengajar membuat mind map mata pelajaran yang dilakukan dengan kelompok yang beranggaotakan 4 orang untuk membahas satu pokok bahasan materi . Tiap kelompok kuberi tantangan membuat 2 materi yang berbeda dengan kelompok yang lain.
Kegiatan pertama selesai . Semua harus dapat memahami pesan yang ingin disampaikan tentang materi yang di buat dalam bentuk mind map .
Dan mulai menggabungkan metode yang lain..." Galeri Belajar "aku menyebutnya . Kutempelkan hasil karya anak bangsa berupa mind map mapel yang berbeda dari tiap kelompok .
Selanjutnya kukondisikan kelas sedang mengunjungi galeri . Galeri belajar judulnya .
Menariknya ketika sessi tanya jawab di mulai setiap kelompok bertanya kepada kelompok lain berkaitan dengan mind map nya. Dimulailah terjadi diskusi menjelaskan dan saling melengkapi . Menarik dan menyenangkan ketika belajar ketika peserta didik dilibatkan sebagai subjek pembelajar.

Rabu, 13 Januari 2016

Air susu dibalas air tuba

Air susu dibalas air tuba pepatah itu mungkin cocok menggambarkan perasaanku minggu lalu .
Tak langsung menumpahkan tangisku dalam kalimat khawatir akan sangat subjektif .
" Ya Allah nak segitunya kalian sama saya ya , ungkapku sambil berurai air mata . Tak mampu melanjutkan kalimat kutinggalkan mereka dalam ruanganku , berlari ke mushola dan menangis . Allah dosa apa yang sudah kulakukan pada anak bimbinganku , kupertaruhkan diriku menghadapi berbagai tentangan dari pengambil kebijakan di lembagaku , tak kupedulikan ungkapan sinis rekanku yang berbicara miring ,'pengacau dilindungi sekarang ditusuk kan ...?'.
Merenung sambil berurai air mata yang bisa kulakukan . Meski bisa memahami celotehan yang bernada emosi terkadang memang tak bisa terkontrol . Kusesali begitu mudah bereaksi negatif yang diungkapkan tanpa mencari tau permasalahan yang sebenarnya.Dan aku telah terluka sangat terluka .Memaafkan ...? Aku memaafkan , tapi aku terluka.