Sabtu, 28 Januari 2012

Bingung nih...

Terkadang aku bingung harus melakukan apa untuk para siswa/i ku . Di satu sisi aku ingin sekali menjadi gurunya manusia seperti yang diungkap oleh pak Munif Chatib dalam bukunya “Gurunya Manusia” . Tapi ternyata tak semudah dan segampang kita membacanya . Saat ingin mempraktekkan hal-hal yang dibaca . Berbenturanlah dengan situasi dan kondisi yang berlangsung di kehidupan nyata . Mungkin dengan keadaan diri sendiri yang tak selalu menyimpan rasa baik dan tenang atau mungkin juga dengan kondisi fisik yang lelah sehingga berakibat pada proses KBM yang tak berlangsung dengan lancar . Sering juga berbenturan dengan system yang tak mendukung untuk memanusiakan siswa yang diajar. Dan kebiasaan yang berlangsung turun temurun bahwa guru adalah sosok yang harus dihormati . Sehingga proses kbm berlangsung satu arah. Guru menerangkan murid diam mendengarkan. Beranggapan yang diajarkan kepada siswa sudah akan di pahami apabila siswa diam dan tidak membuat keributan . Walau aku sendiri juga tak terlalu suka juga apabila murid yang aku bimbing saat aku mengajar mereka hanya diam saja . Bisa mati gaya aku mendapati kepasifan kelas yang diam . Namun juga kalo terlalu rusuh berdampak informasi yang disampaikan tak sesuai dengan harapan karena ada kandungan emosi dalam penyampaiannya. Mengikuti keinginan para siswa sesuai dengan karakteristik kecerdasannya , mana cukup waktu kata rekan guru yang mengajar . KBM menjadi kaku . Guru mengajar seperti dikejar-kejar materi yang masih menumpuk dan begitu banyak sehingga tak mengindahkan bahwa kondisi siswa juga mungkin tak siap untuk menerima materi dengan baik . Tak ada dialog untuk bertanya dan mencari tahu bagaimana keadaan siswa yang kita ajar pada hari ini.Semua dilakukan serba cepat dan mengharapkan hasil yang instan pula. Lupa bahwa belajar adalah proses berkelanjutan dan terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar