Sabtu, 28 Januari 2012

Tidak bisa dan tidak tahu…???

Hari pertama masuk setelah libur 3 hari aku berharap mendapat suntikan energy untuk beraktfitas dengan baik. Saat berangkat untuk beraktifitas aku membayangkan siswa yang aku bimbing akan menampilkan presentasi terbaik mereka saat aku panggil . Ternyata oh….ternyata harapan tinggal harapan dan aku harus menanggung rasa kecewa manakala aku memanggil satu persatu siswa untuk presentasi jawaban klise mereka adalah belum siap bu, sama sekali tak mencoba begitu mudah keluar dari bibir mereka ucapan tidak bisa dan tidak siap. Dan aku sering kali tersulut emosi marah ketika aku meminta para siswaku untuk mengerjakan suatu tugas belum mereka mencoba mengerjakan sudah langsung mengatakan tidak bisa. Oh Tuhan … berilah aku kesabaran untuk terbiasa mendengar ucapan tidak bisa dari siswa/i ku atau mungkin juga anakku sendiri. Mungkin saat diriku sedang baik moodnya aku bisa menanggapi ucapan tersebut dengan santai namun bagaimanapun juga aku masih manusia biasa yang tak selalu baik moodnya.

Dan berbicaralah aku dengan beberapa rekanku tentang ucapan klise siswa/i ku , ternyata sebagian rekanku juga tak sepaham dan tak suka juga mendengar ucapan tersebut. Yang anehnya ucapan tersebut akan selalu ada terdengar di kelas yang aku bimbing. Hingga aku berpikir apa sih yang ada di benak para siswaku sehingga mereka begitu mudah untuk mengatakan tidak bisa atau tidak tahu sebelum mencoba terlebih dahulu.

Walau aku juga merenung mungkinkah penyampaian pesan yang aku informasikan tak menarik bagi mereka sehingga para siswaku tersebut tak tertantang untuk mengatakan bisa atau setidaknya akan saya coba bu… Karena aku ingat beberapa waktu yang lalu aku pernah meminta mereka mencatat beberapa hal penting . Tapi apabila aku langsung meminta mereka untuk mencatat pasti mereka (siswa/i ) langsung protes ya gak usah nyatet dong bu. Dan aku kemas lah dalam bentuk kalimat “ siapa yang mau dapat kenangan-kenangan “ semua langsung menunjuk tangan …Dan mulai aku mengatakan ini kenang-kenangan dari saya silahkan mencatatnya. Walau disambut dengan teriakan huu…tapi tetap mereka dengan senang hati mencatatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar