Jumat, 06 Desember 2013

Kamus Perasaan

Di minggu terakhir semester ganjil di tahun 2013 memasuki kelas yang minggu sebelumnya kuberi tugas dengan membuat tulisan " Apa yang kalian rasakan ".(Bloggernya ni2k Menunggu ) . 
Ada beberapa tugas yang dikumpulkan dan kukoreksi dengan apresiasi positif. Gaya menulis yang beda , bercerita secara runtut dan sistematis tentang yang dirasakan . Bercerita juga dengan menumpahkan uneg-unegnya karena kecewa tak belajar dan melanjutkan diskusi ( gaya orang ngomel-ngomel ) . Dan ada pula yang menurutku sangat menarik , tulisan tentang uneg-uneg perasaannya yang tak ada juntrungannya . Hampir 1 halaman penuh .Sisi positif yang bisa kuhargai kemampuan salah satu siswaku ini yang ternyata memiliki banyak kosakata perasaan . Tak sekedar marah , benci , sedih . 
Ketika memasuki sesi diskusi ada argumen yang disertai celetukan mengejek cie-cie . Kuminta siswa yang memiliki kosakata perasaaanuntuk mengamati temannya yang tersipu -sipu dengan wajah memerah . Kataku "coba amati si ' Y' perasaan apa yang dirasakan saat ini . Lugas dia menjawab , malu bu karena di cie-cie . 
Alhamdulillah 3 materi tatap muka bisa dijadikan satu. Memahami perasaan , berani mengugkapkan pendapat dan mencapai kesepakatan . 
Makasih anak-anak hebatku . Dari kalian ibu bisa belajar banyak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar